blank
Pemenang lomba mewarnai antar siswa SD/MI foto bersama dengan panitia lomba usai menerima hadiah. Foto : Muharno Zarka

WONOSOBO-Sekolah Dasar Negeri (SDN) 5 Wonosobo memborong tiga juara dalam ajang lomba mewarnai antar siswa SD/MI yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Komunitas Jurnalis Wonosobo (KJW) di halaman gedung Sasana Adipura Kencana, setempat, kemarin.

Dalam lomba tersebut peraih juara 1 Naeva Rahadatul Aisy (SDN 10), juara 2 Glorya Eyedaelwais (SD Kristen 3), juara 3 Aira Syifa Azqia (SDN 5) dan juara harapan 1 Rafael Aldorenza A (SDN 5), juara harapan 2 Balqis Janeeta Najla (SDN 1 Jaraksari) serta juara harapan 3 M Hisyam Keyra A (SDN 5).

Ketua panitia lomba Ilham Arda mengatakan bertindak sebagai yuri dalam lomba mewarnai bertema “Pers Mempersatukan Bangsa” tersebut Agus Wuryanto (Ketua Komunitas Seni Air Gunung), Fajar Haryono (guru seni lukis SMPN 2 Mojotengah) dan Muharno zarka (PWI).

Lomba diikuti 163 peserta yang merupakan perwakilan siswa SD/MI se-Kabupaten Wonosobo. Sejak pagi peserta lomba sudah memadati halaman gedung Sasana Adipura Kencana kmeski lomba baru dimulai sekitar jam 08.00 WIB. Peserta membawa alat mewarnai sendiri-sendiri.

Karena peserta masih duduk di kelas 1 dan 2 SD/MI sebagian besar siswa-siswi peserta masih didampingi guru pembimbing dan orang tua masing-masing. Namun saat lomba berlangsung, guru pendamping dan orang tua harus menjauh dari lokasi lomba.

Kreatifitas

Ketua Tim Yuri Agus Wuryanto menyampaikan kreteria dalam penilian lomba meliputi komposisi warna, kreatifitas dan kebersihan serta kerapian dalam mewarnai gambar. Dari hasil penilaian rata-rata peserta sudah punya kemampuan yang baik dalam pemilihan gradasi warna.

“Hanya saja dari aspek kreatifitas dan kebersihan serta kerapian hasil mewarnai yang masih kurang. Sebab, masih ada peserta yang tidak selesai dalam mewarnai gambar dan terdapat coretan yang sangat mengganggu kebersihan kertas gambar”, ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (Dikpora) Wonosobo, Sigit Sukarsana mengapreasiasi langkah PWI dan KJW yang menggelar lomba mewarnai bagi siswa-siswi tingkat SD/MI. Lomba tersebut dinilai sangat baik untuk melatih kreatifitas anak dalam bidang seni menggambar.

“Banyak sekali sebenarnya potensi anak-anak di bidang seni budaya. Guna menggali potensi anak-anak di sektor seni budaya memang harus ada kolaborasi dari berbagai pihak untuk menggelar ajang beberbagai lomba seni bagi anak-anak usia SD/MI maupun TK/PAUD”, katanya.

suarabaru.id/Muharno Zarka