Bagikan
Puluhan siswa SMA Insan Cendekia Madani (ICM) Kota Tangerang Selatan saat belajar pemanfaatkan internet untuk bisnis di Kampung Blogger Kota Magelang, (Suarabaru.id/dok)

TEMANGGUNG –  Inspektorat Kabupaten Temanggung hingga saat ini mengalami kekurangan tenaga auditor dalam tugas pengawasan di lingkungan Pemkab Temanggung.

“Idealnya, tenaga auditor yang ada melaksanakan tugas pengawasan baik tentang audit kinerja maupun evaluasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah sebanyak 54 orang. Namun saat ini baru terpenuhi 15  orang,“ kata Kepala Inspektorat Kabupaten Temanggung Cuk Sugiyarso saat menerima rombongan Inspektorat Kabupaten Nunukan dan Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara  di  Kantor Inspektorat Kabupaten Temanggung.

Cuk Sugiyarso mengatakan,  meskipun mengalami kekurangan tenaga auditor, namun  pihaknya  mendayagunakan  seluruh  tenaga auditor  dalam melaksanakan tugas pengawasan baik tentang audit kinerja maupun evaluasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.

Ia menambahkan,  untuk meningkatkan  kualitas tenaga auditor di Inspektorat Kabupaten Temanggung,  pihaknya juga mengirimkan  peserta  guna mengikuti pelatihan  yang diselenggarakan pemerintah.

“Kita terus mendorong  para auditor untuk meningkatkan  kompetensinya  dengan mengikuti berbagai pendidikan dan pelatihan  diantaranya di Pusat Pembinaan  Jabatan Fungsional Auditor (JFA ) di Ciawi, Jawa Barat,“ katanya.

Menurutnya, dengan dikirimnya tenaga auditor  untuk mengikuti pelatihan dan pendidikan tersebut, diharapkan  dapat meningkatkan standar kompetensi. Sehingga, bisa  memaksimalkan tugas-tugas pengawasan sehingga berjalan efektif dan efisien.

Terkait kunjungan kerja dari dua wilayah kabupaten di Provinsi  Kalimantan Utara ke Inspektorat Kabupaten Temanggung, pihaknya  merasa mendapat  kehormatan   menjadi  tujuan  kunjungan kerja tersebut.

“Kunjungan kerja ini sangat   sangat positif untuk mempererat silaturahmi  dan komunikasi  dalam kerangka membangun kerjasama antardaerah,” katanya.

Sementara itu, Asisten Administrasi dan Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah  Kabupaten Nunukan,  Muhammad Amin  mengatakan,   kunjungan kerja  yang dilakukan Pemkab Nunukan ke  Inspektorat Kabupaten Temanggung bertujuan  untuk studi banding tentang ruang lingkup tugas  keinspektoratan,  dengan titik berat mengenai audit kinerja Pemerintah dan evaluasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.

“Diharapkan dari  kegiatan studi banding yang dilakukan  bisa mendapatkan  informasi dan masukan berharga untuk perbaikan  dan peningkatan  kualitas  kerja Inspektorat Nunukan sehingga lebih optimal,”  katanya.

Hal senada juga dikemukakan  Kepala Inspektorat  Kabupaten Bulungan,  Ibramsyah. Ia mengatakan, studi  banding   tersebut  sebagai wahana untuk saling bertukar informasi  dan berbagi pengalaman  mengenai  pelaksanaan  tugas Inspektorat dalam melakukan  pengawasan kegiatan pemerintahan  dan pembangunan.

suarabaru/Yon Bn

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here