blank
Seorang pejabat mencium tangan Bupati Sri Sumarni dalam acara pelantikan di Pendapa Kabupaten Grobogan. Foto: hana Eswe

GROBOGAN – Kasan Anwar resmi dilantik menjadi Camat Penawangan yang baru menggantikan Bambang Haryono yang kini menjadi Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Grobogan. Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Camat Tegowanu ini bersama 28 pejabat lainnya dilantik Bupati Grobogan Sri Sumarni di Pendapa Kabupaten Grobogan, Senin (18/2/2019).

Pelantikan para pejabat di tingkat eselon III dan IV ini murni dilakukan untuk mengisi kekosongan di samping itu merupakan penyegaran lewat rotasi jabatan terhadap pejabat-pejabat yang dipandang perlu.

Penataan jabatan tersebut mayoritas meliputi lingkup camat dan pejabat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).  Keduanya memiliki tugas yang tidak sekadar administrasi saja namun membutuhkan langkah-angkah dan terobosan riil dan cepat sebab menyangkut pelayanan mendasar bagi masyarakat luas.

Dalam sambutan pelantikan, Bupati Grobogan Sri Sumarni mengatakan, para pejabat yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya ini harus dapat memandang tugasnya sebagai amanah dengan dilaksanakan secara jujur, disiplin, dan penuh tanggung jawab.

Sri Sumarni juga menambahkan, banyak permasalahan yang harus dituntaskan, namun tuntutan dan aspirasi dari masyarakat terus berkembang dan dinamis serta ketersediaan anggaran juga semakin terbatas seiring kebijakan pemerintah pusat menyangkut peningkatan alokasi dana desa.

“Capailah tugas pokok dan rencana strategis lewat program-program dan kegiatan yang strategis, urgen, dan bermanfaat langsung pada masyarakat tetapi dengan biaya dan sumber daya yang seefesien mungkin,” imbau orang nomor satu di Kabupaten Grobogan ini.

Di samping itu, Bupati  juga mengingatkan kepada seluruh kepala OPD agar terus meningkatkan lagi penyediaan data dan informasi yang lengkap dan akurat sebagai bahan analisis kebijakan.

“Jangan banyak mengandalkan intuisi dan wacana, tetapi pahami kondisi riil, ambil keputusan yang tepat, wujudkan dalam tindakan nyata dan berikan keteladanan. Tingkatkan kinerja dan disiplin, tingkatkan efektivitas dan efisiensi sumber daya organisasi, hindari praktek KKN, pungli dan gratifikasi dalam setiap jenis pekerjaan,” pesannya.

Selain Kasan Anwar, terlihat beberapa pejabat yang ikut dilantik diantaranya pengganti Kasan Anwar yakni Yunus Suryawan, Wahono yang semula menjabat sebagai guru madya SMPN 1 Godong menjadi Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan, dan Edi Suwignyo yang sebelumnya menjabat sebagai Kasi Infrastruktur dan Ekosistem Disporabudpar menjadi Kasi Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang Dinas Sosial Grobogan serta beberapa pejabat lainnya.

Suarabaru.id/Hana Eswe