Bagikan
Kapolres, Dandim dan Sekda Wonosobo membubuhkan tanda tangan dalam acara "Milenial Road Safety Festival" di Alun-Alun, Minggu (17/2)/Muharno Zarka

WONOSOBOMindset (pola pikir) masyarakat bahwa kecelakaan di jalan merupakan takdir dan musibah, harus dirubah. Kecelakaan di jalan harus bisa dihindari dan dicegah. Caranya pengguna jalan raya musti mematuhi rambu-rambu lalulintas dan tidak melanggarnya.

Hal tersebut ditegaskan Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras SIK di sela-sela acara “Milenial Road Safety Festival” yang digelar Mapolres Wonosobo, di Alun-Alun setempar, Minggu (17/2) pagi.

Kapolres mengungkapkan  berdasarkan laporan WHO, kecelakaan di jalan raya menempati urutan ketiga yang menyebabkan orang meninggal. “Karena itu, generasi milenial mulai hari ini harus taat dalam berlalu lintas sehingga bisa menekan angka kecelakaan di jalan raya”, harapnya.

Dalam acara yang dihadiri Bupati Eko Purnomo dan Ketua DPRD Afif Nurhidayat serta unsur Muspida yang lain, ribuan pelajar setingkat SMA/MA/SMK, massa dari ormas dan organisasi pemuda sempat memenuhi hampir separuh Alun-Alun di pusat kota tersebut.

Milenial Road Safety Festival diawali dengan pengucapan ikrar bersama terkait kampanye tertib lalu lintas dan upaya pencegahan pelanggaran di jalan raya. Pengucapan ikrar lalu dilanjutkan dengan penandatangan komitmen bersama untuk menaati rambu-rambu lalu lintas oleh Kapolres, Bupati, Wakil Bupati, Dandim dan Ketua DPRD. Tanda tangan juga dilakukan secara massal oleh pelajar SMA/MA/SMK yang mengunjungi acara tersebut.

Kasat Lantas Polres Wonosobo AKP SS Udiono mengungkapkan kampanye tertib lalu lintas sengaja menyasar kalangan milenial karena selama ini pengguna jalan raya dipenuhi oleh generasi muda. Sementara pemahaman mereka perihal tertib berlalu lalu lintas di jalan raya masih minim.

“Dengan kampanye ini diharapkan generasi milenial semakin sadar akan pentingnya keselamatan di jalan raya”, katanya.

Usai ikrar dan penandatanganan bersama dilakukan pelepasan balon ke udara guna menandai dimulainya generasi muda untuk tertib berlalu lintas di jalan raya.

Acara dilanjutkan dengan jalan sehat. Jalan sehat yang diikuti pelajar dan masyarakat umum tersebut mengambil start dan finish di Alun-Alun Wonosobo. Peserta jalan sehat lalu menyusuri Jl Angkatan 45, memutar di Taman Plaza, melewati Jl A Yani dan kembali ke finish.

Guna memungkasi acara digelar panggung musik dan pembagian doorprise bagi peserta jalan sehat. Peserta jalan sehat yang beruntung mendapat aneka hadiah seperti helm, sepeda gunung, kulkas dan hadiah hiburan lainnya.

suarabaru.id/Muharno Zarka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here