blank
Andy Setyo Nugroho/dok

JAKARTA – Tim nasional (Timnas) Indonesia U-22 bertekad memberikan hasil terbaik pada Piala AFF U-22 2019 di Kamboja. Rombongan timnas yang terdiri atas 23 pemain dan 14 ofisial yang dipimpin pelatih Indra Sjafri sudah tiba di Kamboja, Jumat (15/2). “Tim dalam kondisi bagus dan siap berjuang maksimal di Piala AFF U-22. Semua persiapan selama pemusatan latihan di Indonesia telah kami selesaikan dengan baik dan pemain terus mengalami perkembangan,” ujar Pelatih Timnas U-22 Indra Sjafri. Skuad Garuda Muda akan memulai laga perdana melawan Myanmar pada Senin (18/2) di Stadion Olimpiade Phnom Penh. Andy Setyo dan kawan-kawan saat ini dalam kondisi siap tempur menghadapi turnamen yang pertama kali diadakan oleh AFF ini.

“Kami berharap performa terbaik pemain ada di Piala AFF U-22. Kami juga telah melakukan analisis terhadap semua lawan di Grup B. Meski berada pada grup yang tidak mudah, kami optimistis mampu lolos ke babak selanjutnya,” tambah pelatih berusia 56 tahun ini. Indonesia di Piala AFF U-22 berada di Grup B bersama tuan rumah Kamboja, Malaysia dan Myanmar. Sementara Grup A diisi Thailand, Vietnam, Timor Leste, dan Filipina. Dua tim teratas akan memastikan lolos ke semifinal.

Kapten Timnas U-22 Andy Setyo berharap dukungan masyarakat Indonesia agar skuadnya meraih hasil terbaik. Menurut dia, persiapan selama satu setengah bulan di Indonesia dengan diselingi tiga kali uji coba sudah cukup bagi dirinya dan rekan-rekan untuk modal menghadapi event ini. “Kami sudah siap menghadapi Piala AFF U-22. Tim pelatih telah memberikan semua materi latihan selama TC. Kami ingin berprestasi di ajang ini, kendati ini tidak mudah. Kami siap berjuang maksimal demi Indonesia,” tegas Andy.

Demi menambah motivasi para pemain Timnas U-22, pada Kamis (14/2) malam, Ketua Umum PSSI Joko Driyono didampingi Wakil Ketua Umum Iwan Budianto memberikan arahan dan melepas para pemain selepas makan malam di Hotel Sultan, Jakarta. PSSI berharap para pemain berjuang maksimal demi nama Indonesia.  Setelah mengikuti Piala AFF U-22, Timnas U-22 pada 2019 juga akan melakoni kualifikasi Piala AFC U-23 akhir Maret mendatang di Vietnam, dan SEA Games awal Desember nanti di Filipina. (rr)