blank
Sekda dan Kapolres Saat Membersihkan Sampah Daun Di Area Parkir Terminal Purwodadi

GROBOGAN- Untuk mencegah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Polres Grobogan bergotong-royong dengan Pemerintah Kabupaten Grobogan membersihkan sampah. Kegiatan ini dilaksanakan Jumat (15/2) pagi dan dipusatkan di tiga titik di Kota Purwodadi yakni di Terminal Purwodadi, Tugu Tani dan Tugu Adipura.

Sekda Moh Soemarsono beserta pejabat di lingkungan pemerintah Kabupaten Grobogan serta Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq beserta jajarannya melakukan aksi membersihkan sampah dengan menyapu daun-daun yang berserakan. Suasana gayeng terlihat pada saat kerja bakti tersebut.

Di Terminal Purwodadi, mereka membersihkan sampah di area parkir. Satu per satu sampah yang berserakan disapu dan dikumpulkannya di satu titik. Setelah sampah terkumpul kemudian dibakar. Begitu juga yang dilakukan di Tugu Tani maupun Tugu Adipura.

Selain diadakan kerja bakti menyapu sampah, dalam kegiatan ini juga diadakan pemeriksaan jentik nyamuk dan juga penyemprotan fooging. Keduanya dilakukan untuk mencegah terjadinya DBD.

Sekda Grobogan Moh Soemarsono mengatakan, kerja bakti yang dilaksanakan Pemkab Grobogan dan Polres Grobogan ini dilakukan dalam rangka memberikan contoh kepada masyarakat tentang pengelolaan sampah dengan sebaik-baiknya. Di samping itu, kegiatan ini juga dilakukan untuk menyongsong HUT Kabupaten Grobogan ke 293 dan Hari Bebas Sampah Nasional yang jatuh pada tanggal 21 Februari 2019 mendatang.

blank
Suasana kerja bakti di Tugu Tani, Purwodadi. Foto: hana Eswe

“Kegiatan gotong royong ini juga untuk menyongsong Adipura, yang hari ini diselenggarakan di seluruh Kota Purwodadi yang dibagi menjadi tiga tempat. Tadi kami melakukan pembersihan sampah di terminal, Tugu Tani dan Tugu Adipura. Dengan bersih-bersih ini  juga akan menghilangkan sarang nyamuk sehingga penyakit Demam Berdarah Dengue atau DBD dapat di cegah. Kegiatan lain juga kita laksanakan yaitu pengamatan jentik nyamuk dan fogging. Semua itu sudah kita laksanakan,” kata Moh Soemarsono.

Sementara itu, Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq mengatakan, kegiatan membersihkan sampah bersama Pemkab Grobogan ini dilakukan dalam rangka membangun sinergi institusi Polri, TNI dan Pemda serta masyarakat khususnya di Kabupaten Grobogan. “Kerja bakti ini juga dalam rangka membangun sinergi tiga pilar dengan masyarakat,” kata AKBP Choiron El Atiq.

suarabaru.id/Hana Eswe