blank
Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito dan Wakil Wali Kota Windarti Agustina, (Suarabaru.id/dok)

 

MAGELANG- Wali Kota Sigit Widyonindito menaruh harapan besar terhadap insane pers yang bertugas di wilayahnya untuk terus mengawal pembangunan di Kota Magelang,

‘’Keberadaan pers sangat vital dalam mengawal pembangunan selama ini. Saya harap pers bisa selalu kritis dan idealis untuk mengawal pembangunan di Kota Magelang. Selama ini saya bangga dengan pers, selamat Hari Pers Nasional (HPN),’’ ungkapnya, kemarin.

Dia menuturkan, antara pemerintah, masyarakat dan pers tidak dapat dipisahkan. Bahkan, dia menilai pers selama ini berperan besar dalam keberlangsungan pembangunan daerah. ‘’Pers yang saya kenal sekarang dalam dinamika penyampaian informasi bersifat objektif, edukatif dan inspiratif, sehingga membuat pembaca dan masyarakat di benaknya untuk sama-sama berinovasi dan berkreasi,’’ terangnya.

Sigit menegaskan, adanya kritik dari pers dapat mempengaruhi mental jajarannya untuk memaksimalkan kinerja. Selain itu,

pers tak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga berperan dalam kontrol sosial demi kemajuan masyarakat Kota Magelang.

‘’Kontrol, kritik positif jangan sekali-kali alergi. Yang harus dilakukan bagaimana mengubah kritik menjadi pemicu membangun diri, untuk bekerja lebih baik lagi, sesuai dengan cita-cita rakyat,’’ tegasnya.

Dia juga meminta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Magelang jangan antikritik dan jangan merasa terlalu superior. Sebab, prinsip dari pemerintahan adalah bersifat transparan dan akuntabel.

‘’Segala informasi kita buka, agar masyarakat juga benar-benar mengerti tentang apa yang kita lakukan,’’ tuturnya.

Kabag Humas Setda Kota Magelang Al Idris menambahkan,  kemitraan dan sinergitas antara pemerintah dan pers akan terus dibangun. Bukti keseriusan kemitraan ini Bagian Humas Setda kini telah merancang adanya pertemuan rutin dengan insan pers.

‘’Ini bukti bahwa kami benar-benar ingin menjalin kemitraan dan kolaborasi dengan pers untuk menciptakan pola hubungan yang harmonis. Dengan adanya pers maka informasi bisa sampai dan pembangunan juga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,’’ ujarnya.

Idris berharap, melalui media gathering yang dijadwalkan sebulan sekali dengan insan pers nantinya dapat melahirkan gagasan-gagasan, ide, kreativitas dan pemikiran positif untuk memajukan Kota Magelang. (Suarabaru.id/dh)]