Bagikan
DINI HARI : Petugas SPKT Polres Blora patroli dini hari, berhenti di salah satu asset BUMN Bank BRI memantau Kambtimas. Foto : Wahono/

BLORA – Giliran personil sentra pelayanan kepolisian terpadu (SPKT) Polres Blora, bergerak siang dan malam hari patroli di obyek-obyak rawan gangguan Kamtibmas di kabupaten paling timur di Jateng ini.

Patroli tersbebut, bertuju untuk mencegah terjadinya aksi kejahatan 3C, seperti pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian dengan kekerasan (curas, dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

“Kegiatan ini juga kami isntruksikan SPKT di semua Polsek, agar meningkatkan patroli malam hari,” tandas Kapolres AKBP Antonius Anang melalui Kabagops Kompol Zuwono, Senin (11/2).

Saat patroli, lanjutnya,  petugas SPKT lebih fokus pada obyek vital seperti kantor perbankan, asset BUMN-BUMS, pertokoan, SPBU, area publik, dan pemukiman penduduk.

“Patroli ini, juga untuk cegah dini aksi bakar mobil terjadi di Blora,” tambahnya.

Dalam kegiatannya petugas menggunakan fasilitas mobil patroli Strada. Sedangkan  personil patroli Polsek, dipimpin oleh Kepala SPKT masing-masing, kata Kompol Zuwono.

HADIR : Saat personil SPKT Polres Blora hadir stasiun PT KAI Cepu untuk memberi rasa aman dan kenyamanan masyarakat. Foto : Wahono/

Gerombolam

Saat Patroli malam, lanjutnya, petugas menyambangi pos-pos kemanan lingkungan (kamling), dan sambang desa untuk keperluan keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Bahkan saat bertemu kelompok atau gerombolan pemuda yang sedang nongkrong di berbagai lokasi, seringnya petugas berhenti memberikan himbauan pentingnya Kamtibmas.

Demikain juga saat bertemu warga  yang sedang ronda di pos kamling, petugas harus luwes menyambangi dan menyampaikan himbauan Kamtibmas.

“Sudah jadi kewajiban Polri bersama warga mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan,” kata Kabaops Polres Blora.

Jika polisi sering turuin memberi himbuan, secara otomatis masyarakat akan lebih waspada, karena suatu tindak kejahatan tidak mengenal tempat dan waktu, lanjut Zuwono.

Unutkitu petugas SPKT harus rajin menghimbau warga, bila mengetahui kejahatan sekecil apapun, diminta untuk segera melapor ke kantor Polisi terdekat.

Sementara itu Kasat Sabhara Polres Blora AKP Sutarjo menambahkan, dengan kehadiran Polisi ditengah-tengah masyarakat, tentu bisa memberika rasa aman lingkungan.

Terkait patroli, lanjutnya, sebagai tindakan preventif, sekaligus wahana untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas agar masyarakat merasa lebih aman dan nyaman. suarabaru.id/wahono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here