blank
Perkemi se Jateng latihan bersama di Magelang selama dua hari (9-10/2), (Suarabaru.id/dok)

 

MAGELANG – Memperingati HUT Ke 53 Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi), pengurus Perkemi Kota Magelang menyelenggarakan  latihan bersama se-Jawa Tengah yang berlangsung di Wisma Sejahtera.

Ketua Umum Perkemi Jawa Tengah, H Roeswanto membuka  latihan bersama yang diselenggarakan dua hari, Sabtu-Minggu (9-10/2). Tujuan kegiatan ini untuk mempererat tali persaudaraan antara kenshi se Jawa Tengah.

‘’Manfaatkan betul latihan bersama ini untuk meningkatkan skill kita dan menambah ilmu baru, sehingga ketika pulang sudah membawa bekal yang bermanfaat,’’ ujarnya.

Latihan bersama di awali dengan mengucap janji kenshi oleh para peserta. Setelah itu dilanjutkan latihan  pemantapan pertama bersama dan latihan pemantapan kedua yang diikuti  250 peserta.

Ketua penyelenggara Kholid Adbidin menuturkan, tujuan diselenggarakan acara ini selain memperingati HUT Ke-53 Perkemi, juga pemantapan teknik untuk para yudansa kenshi sabuk hitam seluruh Jawa Tengah.

‘’Saat ini kempo ada dua organisasi. Yaitu Prokemi dan Perkemi. Yang sudah resmi dan diakui oleh pemerintah adalah kempo Perkemi. Karena itu, kita perlu pemantapan terhadap Perkemi Jawa Tengah agar semua kenshi betul-betul tidak akan ke lain hati alias tetap kepada perkemi dan tetap loyal,’’ tegasnya.

Tidak hanya di dalam ruangan Wisma Sejahtera, lanjut Kholid, latihan bersama juga diadakan di luar ruangan, yakni lapangan Rindam IV/Magelang saat Car Free Day Minggu (10/2). Di lapangan ini ditampilkan demonstrasi beladiri kempo yang bertujuan menunjukkan kepada masyarakat bela diri kempo yang masih eksis.

‘’Diharap masyarakat lebih mengenal dekat dengan bela diri kempo. Diharapkan juga bisa menjaring atlet-atlet atau anggota baru dari tingkat SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi,’’ harapnya.

Rizal, salah satu perserta dari Cilacap mengaku, mengikuti acara ini karena ingin lebih mempererat tali persaudaraan kenshi-kenshi se Jawa Tengah. ‘’Harapan saya di momen HUT ini kempo makin maju dan lebih jaya dari tahun-tahun sebelumnya,’’ ungkapnya. (Suarabaru.id/dh)