Bagikan
KOTAK SUARA : Inilah kotak suara Pemilu 2019 berbahan karton dupleks transparan, tertata rapi di gudang logistik I KPU Kabupaten Blora. Foto : Wahono/

BLORA – Pekerjaan menata dan merakit logistik kotak suara pemilihan umum (Pemilu) 2019, telah diselesaikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora, Jumat (8/2).

Ribuan kotak suara berbahan dupleks (karton khusus kedap air) dan transparan tersebut, kini sudah ditata di gudang logistik I, di kompleks gedung PKPRI, jalan Halmahera 3, Blora.

Di gudang logistik Pemilu berjarak sekitar 40 meter dari kantor KPU, tampak  kotak suara ditata meninggi, sementara dos-dos surat suara (SS) untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) menumpuk di dekatnya.

Beberapa personil dari Polres Blora yang terbagi dalam tiga tim, bergiliran siang dan malam mengamankan 24 jam penuh logistik Pemilu yang bakal digunkan untuk coblosan 27 April 2019.

“Pekerjaan perakitan sudah tuntas, saat ini kami masih menunggu pengiriman kekurangannya,” kata Sekretaris KPU setempat, Suharto.

Proses perakitannya dilakukan oleh belasan pekerja yang dipusatkan di gudang KPU, jalan Sumbawa, Kelurahan Jetis, Kecamatan Blora, dengan pengamanan sejumlah personil Polres Blora.

DIJAGA : Selama 24 jam, personil Polres Blora menjaga logistik Pemilu 2019 di gudang KPU. Foto : Wahono/

Bilik Lama

Diberitakan sebelumnya, pekerjaan menata dan merakit dimulai dari buka kotak suara, kemudian dilakukan perakitan, karena langkah ini berdasar petunjuk dari KPU RI (pusat).

Pembukaan dan perakitan, sekaligus untuk melakukan pengecekan terhadap kotak suara yang sudah dikirim KPU RI. Langkah tersebut, adalah juga untuk mengecek apakah ada kerusakan atau tidak.

 

Untuk pekerjaan perakitan kotak suara melibatkan 16 tenaga kerja. Hanya saja, jumlah kotak suara yang dikirim oleh KPU RI masih ada kekurangan sebanyak 95 kotak suara.

Menurut Suharto, jumlah kotak suara yang sudah diterima 14.831 masih ada kekurangan 95 unit, sedangkan bilik suara mengunakan logistik aluminiun (lama) dapat tambahan baru 659 unit, masih kurang 86 unit.

Perlu diketahui, karena Pemilu 2019 adalah pemilu serentak, maka tiap tempat pemungutan suara (TPS) disediakan lima kotak suara, dengan kartu suara yang berbeda warna.

KPU mengimbau warga yang sudah terdaftar (masuk DPT), agar menggunakan hak pilihnya pada Pemilu Rabu, 17 April 2019, dan memilih sesuai pilihan masing-masing secara rahasia. (suarabaru.id/Wahono/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here