Bagikan
Para personel prajurit TNI dari Koramil-13 Pracimantoro bersama anggota Polsek dan masyarakat, tampil melakukan bakti sosial donor darah massal. Pengambilan darah dilakukan oleh Tim dari UTD-PMI Cabang Wonogiri, yang melakukan pelayanan jempu bola ke Puskesmas Pracimantoro.(suarabaru.id/bp)
WONOGIRI – Para prajurit TNI-AD utamanya dari Koramil-13 Pracimantoro Kodim 0728 Wonogiri, ikut tampil mempelopori bakti sosial (Baksos) donor darah massal bersama elemen masyarakat yang peduli kemanusiaan. Pengambilan darah dari para pendonor, dilakukan di lantai dua Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Pracimantoro-1, Kecamatan Pracimantoro (40 Kilometer arah barat daya Kota Wonogiri).

Tim dari Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Wonogiri, datang memberikan pelayanan jemput bola ke Pracimantoro. Hadir dalam kegiatan ini, Kepala UPTD Puskesmas Pracimantoro-I dokter Dwi Cahyo Indrianto, tim dari UTD PMI Cabang Kabupaten Wonogiri dipimpin dokter Hery Susanto beserta 9 personel.   Pelda Suef dari Koramil-13 Pracimantoro beserta 5 rekannya, tampil awal dalam pengambilan darah bersama para personel dari Polsek Pracimantoro, yakni Bripka Ahmadi dan Bripka Giman, bersama elemen warga masyarakat Pracimantoro.
Ketua Tim UTD dari PMI Cabang Wonogiri, dokter Hery Susanto, mengatakan, donor darah merupakan kegiatan sosial masyarakat yang sangat besar manfaatnya. Tidak hanya bermanfaat baik penerima, tapi juga berfaedah bagi para pendonor. Dengan rutin melakukan donor darah, kesehatan pendonor akan terjaga karena sirkulasi dan pergantian sel darah dalam tubuh pendonor akan menjadi lancar.
Selain bermanfaat untuk kesehatan, donor darah juga bermanfaat untuk menumbuhkan dan memupuk rasa peduli terhadap sesama serta masih banyak manfaat yang bisa didapat dari kegiatan ini, kata dia. Komandan Koramil (Danramil)-13 Pracimantoro, Kapten (Cba) Budi Waluyo melalui Pelda Suef, menyebutkan, keterlibatan para prajurit TNI dalam kegiatan donor darah ini, menjadi wujud kepedulian kepada sesama, utamanya untuk memberikan manfaat bagi masyarakat yang memerlukannya. Hal ini diharapkan dapat memberikan contoh dan motivasi kepada masyarakat, untuk peduli membantu dan berbuat yang bermanfaat bagi kepentingan sesama.

Aksi donor darah massal ini, berhasil mengumpulkan darah pendonor sebanyak 124 kantung. Perinciannya, untuk golongan darah O sebanyak 63 kantung, golongan darah A sebanyak 21 kantung, golongan darah B sebanyak 31 kantung, dan golongan darah AB sebanyak 9 kantung.(suarabaru.id/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here