Bagikan

MAGELANG -Mengantisipasi terulangnya kembali perkelahian antarpelajar tawuran antarsekolah, Komandan Kodim (Dandim) 0705/Magelang Letkol (Arm) Kukuh Dwi Antono memberikan pengarahan kepada siswa-siswi SMK Yudya Karya Kota Magelang, Senin (4/2).

“Kegiatan ini sebagai salah satu upaya  untuk mengantisipasi agar tidak terulang kembali perkelahian antarpelajar yang terjadi di wilayah Kabupaten dan Kota Magelang,” kata Dandim 0705/Magelang, Letkol (Arm) Kukuh Dwi Antono.
Ia mengatakan,  kegiatan pembinaan yang dilakukan Kodim 0705/Magelang bersama dengan  pihak kepolisian tersebut akan dilakukan berkesinambungan dan akan dilaksanakan di sejumlah sekolah yang ditengarai  para siswanya sering terlibat dalam perkelahian antar pelajar.  Sejumlah sekolah menengah kejuruan tersebut baik yang ada di wilayah Kota Magelang maupun yang ada di Kabupaten Magelang.

Sementara itu, di hadapan ratusan murid, guru dan karyawan SMK Yudya Karya Kota Magelang, Kukuh Dwi Antono meminta kepada seluruh siswa SMK Yudya Karya  untuk untuk mengisi hidup kita dengan hal hal  yang baik atau hal yang positif.  Salah satunya adalah dengan menghargai orang tua dan juga orang lain. “Jangan sampai orang tua tidak peduli dengan anaknya, akibat dari perbuatan dan kelakuan anaknya” tegasnya.

Selain itu, ia juga meminta seluruh siswa untuk bijak dalam pemanfaatan teknologi informatika yang terus berkembang. Yakni, tidak mudah terprovokasi dari berita-berita yang ada di media sosial. Melainkan, menyaring terlebih dahulu akan kebenaran informasi yang didapat.

“Jangan menjadi seorang provokator dan jangan mudah terprovokasi hanya karena membaca postingan berita di media sosial. Jangan karena alasan jiwa korsa atau setia kawan kalian mau saja berbuat hal yang tidak baik. Melainkan harus dipikir berulang ulang sebelum bertindak, karena  akibatnya akan berimbas yang sangat luas,” tandasnya.

Ia juga berharap, para siswa untuk fokus dalam belajar baik di sekolah maupun di rumahnya masing-masing.  Apalagi bagi siswa kelas XII yang  tidak lama lagi akan menempuh  ujian nasional dan ujiann sekolah.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Yudya Karya Magelang Hardiyanto mengapresiasi langkah-langkah yang diambil Dandim 07005/Magelang, Kapolsek Magelang Utara dan Kepala Kecamatan Magelang Utara yang telah  memberi pengarahan kepada para siswa.

Ia berharap, pengarahan yang telah disampaikan Dandim 0705/ Magelang dan Kapolsek Magelang Utara tersebut bisa menjadi bahan renungan seluruh siswa SMK Yudya Karya, khususnya   yang terkait dengan kejadian yang menimpa siswa beberapa waktu yang lalu.

Menurutnya, sebenarnya pihak sekolah  sudah lama melakukan pembinaan para  siswa . Yakni, dari pihak sekolah  telah dengan menggandeng dari TNI dan Polri.

“Sebenarnya pembinaan yang dilakukan oleh Koramil dan Polsek sudah berjalan sejak lama. Dengan upaya bersama, mudah-mudahan para siswa akan sadar dan tidak akan melakukan tindakan-tindakan yang merugikan kita semua” katanya.

suarabar.id/Iyas Bn

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here