Bagikan

MAGELANG- Taruna-taruni tingkat I Akmil (Akademi Militer) Magelang memasuki masa orientasi. Ada 295 taruna /taruni tingkat I Akademi Militer (Akmil) yang terdiri atas 277 taruna dan 18 taruni selama empat hari menjalani masa orienstasi di Kesatrian Akmil Magelang.

“Masa orientasi ini dimaksudkan untuk mengenalkan taruna/taruni yang baru masuk dalam pendidikan di Akmil Magelang, tentang kehidupan korps taruna/taruni yang sehat, kreatif dan dinamis,” kata Kepala Penerangan dan Humas Akmil, Letkol (Inf) Zulnalendra .

Zulnalendra mengatakan,  dalam kegiatan masa orientasi tersebut  mempunyai tujuan untuk memupuk dan menanamkan kebanggaan dan rasa memiliki terhadap  Akmil. Sehingga
diharapkan  akan membangkitkan kesadaran dan motivasi yang tinggi dalam menempuh pendidikan selama empat tahun di  “Kawah Candradimuka” Lembah Tidar.

Menurutnya,  masa orientasi tersebut juga merupakan  bekal awal terhadap pola pendidikan yang akan ditempuh  para taruna/taruni tingkat II tersebut di Akmil Magelang  yang berpedoman kepada tri pola dasar pendidikan.

Ia menyebutkan materi kegiatan masa orientasi taruna/taruni diawali dengan upacara pembukaan masa orientasi, kemudian dilanjutkan pengenalan tata cara makan di ruang makan, jam resimen korps taruna, pengenalan peraturan khusus taruna, orientasi lingkungan Akademi Militer, penyegaran peraturan militer dasar.

“Orientasi Tidar Pisangan, temu taruna senior, ceramah pejabat Akmil, orientasi Panca Arga 1, 2 dan 3, jam komandan batalyon dewasa, tradisi masuk resimen taruna Akmil, Pengenalan Resimen Taruna Akmil, Jam Komandan Resimen Taruna, merupakan bagian dalam orientasi tersebut,” katanya.

Sedangkan untu mengakhiri masa  orientasi  tersebut  dilakukan pemilihan keluarga asuh dan dilanjutkan upacara penutupan masa orientasi.

suarabaru.id/Iyas Bn

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here