Bagikan
Camat Wonogiri Kota, Slameto Sudibyo, memukul gong sebanyak lima kali. Ini dilakukan untuk membuka Popda SD/MI se Kecamatan Wonogiri Kota. Ikut mendampingi Korwil Dikbud, Forkompincam, Pengawas Pendidikan dan undangan VIP.(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tingkat SD/MI se Kecamatan Wonogiri Kota, Kamis (31/1), dibuka dengan gelar upacara yang dilaksanakan di halaman GOR Girimandala Kabupaten Wonogiri. Ditandai dengan pemukulan gong, pelepasan balon udara, dimeriahkan Marching Band murid SD Negeri 1 Wonogiri dan kesenian reog dadak merak oleh para siswa SD Negeri 4 Wonogiri.

Group Marching Band SD Negeri 1 Wonogiri, menyajikan instrumentalia Lagu When the Saints go Marching, yakni nyanyian yang mendunia dan sering disebut sebagai tembang The Saints. Lagu ini sering dimainkan oleh group-group band jazz papan atas tingkat dunia. Lagu ini, terkenal setelah direkam pada Tanggal 13 Mei 1938 oleh Louis Armstrong bersama orkestranya, dan sering diidentikkan dengan komposisi lirik When the Saints Are Marching In yang sama dari tahun 1896 oleh Katharine Purvsi danJames Multon Black.

Marching Band asuhan Kepala SD Negeri 1 Wonogiri, Mahmud Yunus ini, diawaki sebanyak 76 murid. Menampilkan Gitapati Amalia Rahma Fauziah, bersama duet mayoret Alya Hani Fajr dan Nabila Salsa Bernadine. Kecuali menyajikan Lagu The Saint Go Marching, juga menampilkan instrumentalia lagu daerah Yangko Yangke Yangko. Upacara digelar di halaman GOR Girimandala Kabupaten Wonogiri, ditandai dengan pemukulan gong oleh Camat Wonogiri Kota Slameto Sudibyo. Bersama jajaran Forkompincam Wonogiri, pengawas pendidikan, Direktur BPR-BKK Wonogiri Sucipto, Korwil Dikbud Wonogiri, Mulyatno, acara ini kemudian dirangkai dengan menerbangkan balon ke udara.

Selaku Ketua Gugus Terate, Mahmud Yunus, mengawali acara ini dengan menyerahkan tropi bergilir kepada Korwil Dikbud Wonogiri, Mulyatno, untuk diteruskan kepada Ketua Panitia Popda, Sunarto, guna diperebutkan kembali dalam event Popda Kecamatan Wonogiri Kota Tahun 2019. Menurut Sunarto, Popda kali ini diikuti oleh 6 kotingen dari 6 gugus SD/MI se Kecamatan Wonogiri Kota, dengan jumlah atlet sebanyak 600 siswa SD/MI se Kecamatan Wonogiri Kota.

Ada sebanyak 11 cabang olahraga (Cabor) yang diertandingkan, terdiri atas atletik, bulu tangkis, sepak bola mini, voli, tenis meja, tenis lapangan, sepak takraw, renang, karate, pencak silat dan panahan. ”Tahun lalu juara umumnya diraih kembali oleh Gugus Terate,” jelas Sunarto. Lokasi pertandingan menggunakan sejumlah venue di GOR Girimandala dan Giri Purnabhakti serta stadion Pringgodani dan kolam renang Diafan. Mengambil tema Rise to gether with the wolrd achievment (Bangkit bersama raih prestasi dunia).

Tampil menjadi petugas petugas upacara adalah para murid. Yakni Pemimpin Upacara dipercayakan kepada siswa Natanael Banyu Biru Aditama Pasa, Protokol atau MC Dini Ramadani, Pembaca Doa Relfando Harimukti, Pembaca Janji Atlet Arimbi Puspa Kirana. Ditampilkan pula kesenian reog dadak merak oleh para murid SD Negeri 4 Wonogiri asuhan Kasek Suparto.(suarabaru.id/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here