Bagikan
DIALOG : Di forum Safari Kamtibmas, suasana tampak hidup saat sesi dialog antara tim dari Satbinmas Polres dengan warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Banjarejo, Blora. Foto : Wahono/

BLORA – Berbagai upaya dilakukan Polres Blora dalam menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat, dan  menciptakan situasi yang aman, damai dan sejuk, diantaranya dengan menggiatkan Safari Kamtibmas.

Terlebih menjelang pemilihan umum (Pemilu) 2019, program Safari Keamanan dan Kertertiban Masyarakat (Kamtibmas) terus digeber di banyak titik, dan digelar model tatap muka dengan masyarakat.

“Safari Kamtibmas kami giatkan dari desa ke desa, sasaranya bisa berdialog dengan warga,” jelas Kapolres Blora AKBP Antonius Anang melalui Kasat Binmas Kompol Slamet Iriyanto, Rabu (30/1).

Kegiatan terbaru, lanjutnya, dilakukan oleh Satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polres Blora, melaksanakan pembinaan dan penyuluhan Kamtibmas di Desa Sidomulyo, Kecamatan Banjarejo.

Safari Kamtibmas, bertujuan mengajak seluruh lapisan masyarakat agar ikut berperan aktif menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayahnya masing-masing.

“Tujuan safari ini, mengajak dan memotivasi masyarakat menjaga Kamtibmas di wilayahnya,” tandas Kompol Slamet Iriyanto.

Dialog

Di forum tersebut, kepala desa dan perangkat desa iktu hadir di tengah-tengah warganya, antara lain dari perwakilan Karang Taruna, anggota PKK dan tokoh masyarakat Desa Sidomulyo.

“Seringnya, Kasi Trantib Kecamatan juga hadir di Safari Kamtibmas,” tambah Kasat Binmas Polres Blora.

Adapun materi yang disampaikan, seputar pemberdayaan keamanan desa melalui ronda, mengaktifkan Poskamling dan tertib berlalu lintas.

Untuk mendorong terciptanya situasi Kamtibmas, dan tertib dalam berlalu lintas, polisi mengajak masyarakat agar bisa menjadi polisi bagi diri sendiri, keluarga, dan lingkungan.

Selama digelarnya Safari Kamtibmas, acara berlangsung hidup, dan gayeng, karena di forum itu lebih banyak diberikan waktu untuk dialog tanya jawab.

“Biar menarik, acara dibuat model dialog, sesekali diselingi joke-joke (guyonan) antara tim Satbinmas dengan warga,” tambah Kompol Slamet Iriyanto SH, M.Si.

Kepala Desa Sidomulyo, Rasidi, menyambut baik kegiatan terebut. Bahkan  berharap, kegiatan bisa terselenggara di waktu-watu mendatang agar warga bertambah wawasannya. suarabaru.id/wahono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here