Bagikan
Saddil Ramdani/dok

JAKARTA – Indra Sjafri, pelatih tim nasional (timnas) Indonesia U-22, memastikan Saddil Ramdani segera bergabung. Namun, untuk Ezra Wallian dan Egy Maulana Vikri tak jelas. Saddil, Ezra, dan Egy belum bergabung dengan timnas hingga kemarin. Mereka masih diberi waktu untuk menyusul 30 pemain yang telah menjalani seleksi di Jakarta. PSSI sudah berkirim surat kepada klub tiga pemain itu. Di antara tiga pemain tersebut, baru Saddil yang merespons positif. ”Sebagai pelatih timnas, saya akan memberikan kesempatan kepada semua pemain asal Indonesia,” ujar Indra selepas memimpin latihan di Stadion Madia, Senayan, Jakarta, Senin (28/1). “Bagi saya, bergabung atau tidak, kami harus patuh pada statuta FIFA karena ini bukan kalender FIFA. Klub bisa memberikan izin atau tidak. Yang pasti Saddil mulai bergabung pada 2 Februari,” jelasnya.

Timnas akan terus menggelar seleksi sebelum Piala AFF U-22 bergulir pada 17-26 Februari di Kamboja. Skuat Merah Putih juga akan menjajal dua tim lokal, Bhayangkara FC dan Persebaya Surabaya, untuk mematangkan persiapan. Sementara itu, peserta Piala AFF U-22 berkurang. Tiga tim, Laos, Singapura, dan Brunei Darussalam memutuskan mundur. Imbasnya, pembagian grup mengalami perubahan. Kini, Grup A dan B dihuni empat tim. Grup A diisi Vietnam, Thailand, Timor Leste, dan Filipina. Grup B dihuni Indonesia, Malaysia, Myanmar, dan Kamboja.

Menurut Indra, berkurangnya jumlah peserta sebagai sebuah kerugian. Pasalnya, PSSI mengharapkan lebih banyak pertandingan sebelum tampil di SEA Games 2019 Filipina. “Kami ingin Piala AFF bisa menjadi ajang untuk memberikan pengalaman bermain kepada pemain-pemain, dan kami ingin menyeleksi mereka untuk Piala AFC,” paparnya. Berdasarkan jadwal terbaru, Indonesia U-22 bakal menghadapi Myanmar pada laga perdana di Stadion Nasional, Phnom Penh, 18 Februari mendatang. (rr)

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here