Bagikan
Tim Persib Bandung 2018 (dok)

JAKARTA – Persib Bandung memang tidak tampil sebagai juara kompetisi Go-Jek Liga 1 2018. Hanya, dalam urusan rating televisi (TVR), klub berjuluk Maung Bandung itu masih mendominasi sebagai klub dengan rating televisi (TVR) tertinggi sepanjang gelaran Liga 1 2018. Persib saat ini masih menjadi salah satu klub terbesar di kasta teratas sepak bola Tanah Air. Memiliki basis massa suporter yang banyak, setiap pertandingan Maung Bandung selalu menarik minat penonton untuk datang ke stadion. Tidak hanya itu, penonton televisi saat Maung Bandung berlaga juga selalu tinggi. Laga Persib kontra Persija pada 23 September lalu yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) adalah buktinya.

Pertandingan sarat gengsi itu menjadi partai yang mampu meraih rating tertinggi di televisi dibanding laga Liga 1 2018 lain. Laga tersebut meraih hingga 6,2 persen dari total rating televisi (TVR) di Indonesia. Bahkan, dari tiga pertandingan dengan televisi rating (TVR) tertinggi di Liga 1 2018, kesemuanya melibatkan Persib. Di antaranya laga Persib kontra Persipura Jayapura pada pekan kedelapan meraih 5,1 persen dan Persebaya Surabaya melawan Persib pekan kesembilan dengan raihan TVR 5,1 persen.

Sementara itu untuk televisi sharing (TVS), meski tidak mendominasi, pertandingan Maung Bandung tetap menempati urutan teratas. Lagi-lagi, TVS tertinggi adalah laga Persib kontra Persija dengan raihan TVS mencapai angka 36,3 persen. TVR adalah perbandingan jumlah orang yang menonton dengan jumlah populasi TV. Kemudian untuk TVS adalah perbandingan jumlah penonton terhadap total penonton di semua channel. Dari total 306 pertandingan di kompetisi Go-Jek Liga 1 2018, hanya dua pertandingan yang tidak disiarkan langsung, yakni dua partai kandang awal Perseru Serui melawan PSM Makassar dan Bhayangkara FC. Rinciannya adalah 236 live televisi dan 68 live streaming. (rr)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here