Bagikan
ilustrasi

SOLO_ Perubahan kuota jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)  diprediksi berpengaruh terhadap menengah atas dalam melakukan pengisian dan verifikasi pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) . Kemenristekdikti menetapkan kuota penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN dan SBMPTN tahun 2019 menjadi 20 persen serta 40 persen dari tahun sebelumnya masing masing sebesar 30 persen.

“Dari 27.057 sekolah  yang terdaftar di PDSS  hingga hari ini belum seluruhnya melakukan pengisian data. Padahal jadwal pengisian data PDSS yang bakal berakhir pada 25 Januari 2019”, terang Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof Dr Ravik Karsidi MS di Solo, Kamis (24/1).

Prof Dr Ravik Karsidi MS mengatakan, pihaknya belum mengetahui secara persis mengenai jumlah sekolah yang telah  melakukan pengisian PDSS. Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, jumlah sekolah yang melakukan pengisian membludak pada hari terakhir masa pendaftaran. Diakui tidak semua sekolah yang terdaftar melakukan pengisian dan verifikasi pada PDSS. Hal demikian merupakan hak masing masing sekolah . Padahal PDSS merupakan  bagian dari SNMPTN 2019.

Keengganan sekolah melakukan pengisian dan verifikasi PDSS diduga erat berkaitan dengan pengalaman tahun sebelumnya. Dimana sangat sedikit siswa sekolah dimaksud diterima melalui jalur SNMPTN. Terlebih untuk kuota SNMPTN tahun 2019 dimana prosentasenya  lebih kecil dibanding tahun sebelumnya . Sehingga sekolah memilih menganjurkan siswanya menempuh jalur SBMPTN, terangnya seraya menambahkan hingga 18 Januari 2019 jumlah sekolah  yang telah mengisi data di PDSS sebanyak 13.662 sekolah. Ini berarti  terdapat 13.395 sekolah yang belum melakukan pengisian data. Sedangkan sekolah yang sudah finalisasi mencapai 1327 sekolah dengan  50.978 siswa telah melakukan verifikasi.

Pada bagian lain dikemukakan, untuk mengikuti SNMPTN 2019 tidak dipungut biaya apapun. Biaya penyelenggara SNMPTN 2019 sepenuhnya ditanggung pemerintah. Pendaftaran SNMPTN dijadwalkan 4- 14 Februari 2019 dan hasilnya diumumkan  23 Maret 2019. Bagi pendaftar yang sudah diterima  melalui jalur SNMPTN 2019 tidak diperbolehkan  mendaftar SBMPTN 2019. suarabaru.id/Adji

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here