Bagikan
PENYULUHAN : Kegiatan pembinaan dan penyuluhan kemanan hutan yang digelar Polres Blora-Perhutani di balai Desa Japah, Kecamatan Japah, Blora. Foto : Wahono/

BLORA – Kelestarian dan keamanan hutan (negara) menjadi perhatian khsusus Polres Blora. Untuk menjaga agar hutan tetap lestari, Polhutmob, LMDH, dan masyarakat diberikan penyuluhan soal kemanan hutan.

Kegiatan yang digelar di balai Desa Japah, Kecamatan Japah, Blora, Rabu (16/1), Satuan Binmas Kepolisian Resor (Polres) memberi pembinaan, dan penyuluhan yang dihadiri Wakil Administratus KPH Blora, Andrie Syailendra.

Dalam kegiatan tersebut, Kasat Binmas AKP Slamet Irianto yang diwakili Kaur Binops Iptu Sri Retno Yogo, hadir selaku nara sumber dari Polres yang memapar soal pengamanan hutan.

Yogo mengajak seluruh masyarakat sekitar hutan, ikut membantu menjaga kelestarian hutan, sebab selain sebagai paru-paru dunia, hutan sekaligus sebagai pengendali bencana dan penyimpan air saat musim kemarau.

Demikian juga dengan hutan negara yang di dalamnya terdapat tegakan jati, mahoni, dan kayu rimba lainnya, ditaman selain untuk keperluan profit perusahaan (BUMN), juga untuk keperluan lingkungan.

“Perhutani menebang pohon hutan, sudah diperhitungkan dengan pola tanam yang proporsional, sehingga tidak menganggu kelestariannya,” jelas Yogo.

Semua Pihak

Demikian huga dengan kemanan hutan, lanjutnya, tidak hanya menjadi tugas Polisi Hutan Mobil (Polhutmob), namun menjadi tugas Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), semua pihak, dan masyarakat.

“Masyarakat juga bertanggubgjawab keamanan hutan, mari kita jaga bersama demi anak, cucu, dan perbaikan lingkungaa,” tambah Iptu Sri Retno Yogo.

Wakil Administratur (Adm) Kesatuan Pemangkuan hutan (KPH) Blora, Andrie Syailendra, menyampaikan bahwa pihaknya beserta jajaran terus aktif koordinasi dan sinergi dengan Polres dalam pengamanan hutan.

Selain itu, lanjutnya, Perhutani juga terus bekerjasama dengan  masyarakat sekitar hutan melalui LMDH dengan program pengelolaan hutan bersama masyarkat (PHBM). suarabaru.id/wahono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here