Bagikan
para peserta pelatihan, serius menyimak apa yang disampaikan oleh pemateri. foto: dok

WONOGIRI-Untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0,  guru dituntut  terus mengembangkan kemampuan profesionalnya, terutama dalam penggunaan Teknologi Informasi (IT) dan Komunikasi dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

‘’Salah satu teknologi yang dapat digunakan untuk mendukung kegiatan guru tersebut adalah Office 365 yang di dalamnya terdapat Office Teams. Dengan memanfaatkan Office Teams, guru dapat membuat kelas maya, menambahkan materi pelajaran, menambahkan tugas yang harus dikerjakan, menganalisis hasil evaluasi siswa dengan mudah,’’ kata Irwanto, ketua Panitia Pelatihan Pembelajaran Tanpa Batas dengan Microsoft Teams, Senin (14/1).

Dijelaskan, pelatihan tersebut dibagi menjadi dua. ‘’Pertama, sesi tatap muka dilakukan Minggu (13/1) dan Minggu (20/1) di SMK Negeri 1 Jatiroto.  Dan  sesi kedua, bimbingan secara daring dilakukan selama satu minggu, yakni Senin-Sabtu (14-19/1)’’ jelasnya.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Pusat Kegiatan Guru (PKG) Jatiroto bekerja sama dengan Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPTIK) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah kali ini, diikuti 100 orang  pendidik yang semuanya dari Kabupaten Wonogiri.

Galih, salah satu peserta kegiatan  mengaku senang atas pelatihan yang digelar oleh PKG Jatiroto ini. “Saya merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini, karena saya mendapatkan ilmu baru. Selain itu, kegiatan ini dikemas sangat menarik dan  jadi lebih semangat karena panitia  menyediakan hadiah bagi peserta yang beruntung”, kata Galih.

Wahyu Indarto, salah satu Pengurus PKG Jatiroto menjelaskan bahwa kegiatan ini bersifat mandiri. “Kegiatan ini merupakan kegiatan kelima yang dilaksanakan di Jatiroto. Sebelumnya, PKG Jatiroto  mengadakan Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Pelatihan Penulisan PTK, dan Pelatihan Penyusunan SKP,” jelasnya

Pelatihan tersebut diawali dengan penyampaian materi tentang Laporan Pengembangan Diri yang disampaikan oleh Giyatmo, S.Pd., M.Pd. Dalam presentasinya, Giyatmo, S.Pd., M.Pd menyampaikan bahwa guru dituntut memahami Jenis Kegiatan Guru dan Angka Kreditnya serta harus mempu membuat Laporan Pengembangan Diri dengan benar.

“Banyak guru yang menanyakan mengapa Laporan Pengembangan Dirinya ditolak atau tidak dinilai. Kegiatan ini sangat baik sehingga guru sekarang tidak mengalami kesulitan ketika membuat Laporan Pengembangan Diri”, terang Giyatmo.

Narsumber berikutnya adalah Wahyu Saryadi, S.Pd yang memandu aktivasi akun Office 365, Office Teams, dan Cara Pelaporan secara daring. Dalam presentasinya Wahyu menyampaikan bahwa Office 365 ini sangat bermanfaat sekali untuk mendukung pembelajaran. “Di dalam Office 365 kita dapat memanfaatkan banyak fitur misalnya Word Online, Excel Online, Sway, OneDrive dan masih banyak lagi” jelas Wahyu. (suarabaru.id/edi)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here