blank
Begitu dibuka pendaftaran, banyak masyarakat yang datang ke KPUD Wonogiri untuk mendaftarkan diri. Foto: Dok KPU Wonogiri

WONOGIRI-Mulai tgl 10 Januari 2019, KPU Wonogiri melakukan perekrutan relawan demokrasi. Pengumuman pendaftaran tersebut dilakukan secara terbuka melalui website kpud-wonogirikab.go.id

Hal tersebut disampaikan Wahyu Nurjanah,  Minggu (13/1). ‘’Dari sekian banyak pendaftar, KPU Wonogiri akan mengambil maksimal 5 orang di setiap basis. Total ada 11 basis atau maksimal 55 orang yang nantinya akan diterima sebagai relawan demokrasi,’’ terangnya di samping Augustina Puspa Dewi, Divisi SDM.

Dalam perekrutan ini, masih kata Wahyu, khusus untuk basis pemilih pemula dibatasi usia maksimal 25 tahun. Calon pendaftar juga harus melampirkan surat keterangan dari PPS kelurahan setempat bahwa telah tercatat dalam DPT. Relawan demokrasi juga bukan merupakan anggota parpol minimal 5 tahun  dan bukan bagian penyelenggara pemilu 2019.

Program Relawan demokrasi ini diharapkan mampu menumbuhkan kembali kesadaran positif terhadap pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pada akhirnya relawan demokrasi ini dapat menggerakkan masyarakat tempat mereka berada agar mau menggunakan hak pilihnya dengan bijaksana serta penuh tanggung jawab sehingga partisipasi pemilih dan kualitas pemilu 2019 dapat lebih baik dibandingkan pemilu2 sebelumnya. (suarabaru.id/edi)