Bagikan
BERLATIH BERKUDA: Rider Nirwana Stable berlatih rutin di tempat itu setiap hari. (dok)

KEBERADAAN Keberadaan Nirwana Stable menjadikan pembinaan olahraga berkuda di Kota Semarang semakin marak. Stable yang terletak di Kelurahan Purwosari, Mijen Kota Semarang itu, tak hanya memberikan fasilitas bagi masyarakat yang ingin menunggang kuda, tetapi bagi mereka yang ingin belajar tunggang serasi, juga disediakan kelas sendiri. Nirwana Stable Riding School telah berdiri sejak 2014.

Beberapa kali rider Nirwana Stable mengikuti kejuaraan berkuda equestrian untuk kategori dressage (tunggang serasi) dan show jumping (halang rintang). Instruktur Nirwana Stable Teo Ginandi menyatakan peminat olahraga berkuda terbilang banyak. ”Kami membuka beberapa kelas, bisa privat atau rombongan. Untuk tahap awal akan diberikan¬† gerakan dasar dressage yang sederhana dulu. Kemudian untuk show jumping juga diberi dasar. Yang terpenting bagaimana bisa mengendalikan dan mengerti karakter kuda,” tutur Teo.

Usia minimal untuk bisa belajar tunggang kuda adalah tujuh tahun. Rider akan diawasi dan dilatih oleh pelatih yang telah berlisensi. Pihaknya juga kerap mengirim atlet mengikuti kejuaraan equestrian, baik dressage maupun show jumping. ”Jika ingin belajar secara mendalam atau menekuni olahraga ini bisa mengambil paket 10 kali pertemuan atau reguler. Setelah itu bisa secara rutin datang ke Nirwana Stable untuk berlatih,” ujarnya.

Operation Manager Edi Haryanto mengungkapkan, saat ini ada 50 kuda dari berbagai jenis seperti throughbred horse, warm blood horse, dan Indonesian croos bred. ”Kuda-kuda itu dari Jerman, Australia, dan Belanda dengan kemampuan masing-masing. Kuda asal Jerman untuk tunggang serasi dan Australia untuk jumping,” paparnya. (rr)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here