blank
Phil Foden/dok

MANCHESTER – Juara bertahan Manchester City diperkirakan bakal menjalani langkah mudah ketika menjamu tim Divisi III Burton Albion dalam semifinal leg pertama Piala Liga Inggrus (Carabao Cup) di Stadion Etihad, Kamis (10/1) dini hari WIB. City memang unggul segalanya baik secara kualitas maupun kedalaman skuad. Manajer Pep Guardiola akan memadukan pemain inti dan pelapis untuk menghadapi laga yang boleh dibilang tidak sulit ini.

Manchester Biru baru saja membukukan tiga kemenangan beruntun di semua ajang. The Citizens mengatasi Southampton 3-1 dan Liverpool 2-1 di Premier League. Lalu menghabisi klub Divisi II Rotherham United 7-0 pada putaran ketiga Piala FA.

Saat meladeni Rotherham, Guardiola juga merotasi beberapa pemain. Melawan Burton, dia bakal kembali melakukan sejumlah rotasi. Gelandang muda Phil Foden dipercaya turun sejak menit pertama. Foden tetap dipertahankan Guardiola. Dua teman seangkatan Foden, Jadon Sancho dan Brahim Diaz sudah angkat kaki. Sancho ke Borussia Dortmund, sedangkan Diaz diambil Real Madrid pada bulan ini. ”Jadon dan Brahim telah hengkang, tapi saya tak akan mengikuti langkah mereka,” ujar Foden.

Burton menuju markas The Citizens dengan bekal yang baik. The Brewers tak terkalahkan dalam empat partai terakhir di League, dan kini menempati posisi kesembilan. Terakhir, mereka memukul Rochdale 4-0. Burton dilatih Nigel Clough, putra manajer top (mendiang) Brian Clough. Kendati kalah kelas dan kualitas, Nigel meminta para pemainnya tidak keder. Dia menyiapkan skema 4-2-3-1 dengan Marcus Harness sebagai target man. (rr)