Bagikan
Ernesto Valverde/dok

BARCELONA – Masa depan Ernesto Valverde, pelatih Barcelona, akan ditentukan pada akhir musim 2018-2019. Pria 54 tahun itu didatangkan dari Athletic Bilbao dengan ikatan kontrak dua tahun. Pada tahun terakhirnya, belum ada tanda-tanda kontrak Valverde diperpanjang. Musim lalu dia membawa Barca mempertahankan gelar juara Liga Spanyol dan Copa del Rey. Sementara musim ini Los Cules masih mulus di semua kompetisi. La Blaugrana aman di puncak klasemen La Liga. Lionel Messi dan kolega juga lolos ke babak 16 besar Liga Champions dan tetap bertahan di Copa del Rey.

“Saya punya kontrak dengan klub selama dua tahun plus sebuah opsi. Pada akhir musim kami akan memutuskan saya lanjut atau tidak,” tutur Valverde. “Kami akan menunda keputusan itu lebih jauh ke depan, tergantung bagaimana posisi tim pada akhir musim nanti,” imbuhnya.

Kendati berprestasi, dia tak terlalu disukai suporter Barca seperti para pendahulunya, yakni Luis Enrique dan Pep Guardiola. Musim lalu Valverde dikritik selepas Los Azulgrana tersingkir pada perempat final Liga Champions. “Kalau semua berjalan baik, maka saya akan senang untuk bertahan. Kita semua tahu bagaimana kerja manajemen. Kalau Anda tidak memenangi banyak gelar juara, orang-orang mulai menyerukan pemecatan Anda,” paparnya. Meski masa depannya belum pasti, Valverde tetap tenang dan senang. Dia masih merasa nyaman seperti saat waktu awal bergabung ke Camp Nou.

Tentang persaingan di La Liga, Valverde tetap menempatkan Real Madrid sebagai rival. Musim ini sepak terjang Madrid menurun setelah kepergian Cristiano Ronaldo ke Juventus. ”Kami belum mencoret mereka dari persaingan. Perjalanan masih panjang, dan apa pun bisa terjadi,” tegas Valvervde. (rr)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here