Bagikan
Kapolsek Tirtomoyo Polres Wonogiri AKP Sarno (kiri), bersama Kopda Siswadi, mengamankan Sertu gadungan Aris Setyawan (tengah) dari keramaian perayaan malam penyambutan tahun baru.(suarabaru.id/bp)
WONOGIRI – Tim gabungan TNI dan Polri yang bertugas mengamankan perayaan malam Tahun Baru 2019 di Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri, Selasa dinihari (1/1), mengamankan seorang Sersan Satu (Sertu) gadungan. Sebab, disamping mengenalkan dirinya sebagai anggota TNI dengan pangkat Sertu, ketika ikut berjoget di keramaian hiburan musik pada perayaan malam old and new year, dia membuka jaket untuk memamerkan bawaan senjata tajam jenis sangkur( belati).

Informasi yang dihimpun dari Kecamatan Tirtomoyo menyebutkan, untuk merayakan penyambutan datangnya Tahun Baru 2019, digelar hiburan musik yang dikemas dalam sajian ‘Wiroko Padhang Jingglang Fair,’ di Desa Wiroko, Kecamatan Tirtomoyo (50 Kilometer arah tenggara Kota Wonogiri). Dalam keramaian tersebut, datang seorang pemuda yang mengaku anggota TNI-AD berpangkat Sertu, yang ikut berjoget atau ngibing setelah minta lagu ke pembawa acara atau MC.

Kemunculannya di keramaian hiburan musik akhir tahun tersebut, sempat mengundang curiga bagi para pemuda Desa Wiroko, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri. Sebab disamping memperkenalkan diri sebagai prajurit bepangkat Sertu dari Batalyon (Yon) Artleri Medan (Armed) 7 Bantar Gebang, Bekasi, Jabar, dia pamer membawa sangkur. Hal ini kemudian diinformasikan ke personel Koramil dan Polsek Tirtomoyo, yang langsung menyikapinya dengan mengamankan yang bersangkutan.

Kapolsek Tirtomoyo AKP Sarno bersama Aiptu Joko Haryono, Aiptu Lamto, Aipda Suyatno dan Aipda Nuryanto, serta Anggota Koramil Tirtomo Serka Lexsi dan Kopda Siswadi, segera mengamankan Sertu gadungan tersebut, untuk diangkut dengan mobil dinas Polsek ke Kantor Koramil-07 Tirtomoyo. Tiba di Kantor Koramil, yang bersangkutan diminta untuk mengucapkan Sapta Marga tapi tidak bisa, ditanya soal NRP tidak paham. Dia mengaku bernama Aris Setiawan (25), warga asal Desa Sukaresmi RT 2/RW 1, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jabar.

Saat diperiksa, pria kelahiran 3 Juni 1993 ini, mengaku bukan prajurit TNI tapi mengenalkan dirinya sebagai backing  PT Reka Cipta. Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati dan Kapolsek Tirtomoyo AKP Sarno, melalui Kasubag Humas Polres AKP Hariyanto, menyatakan, pihak Koramil menyerahkan penanganan kasus Sertu gadungan ini ke Polsek Tirtomoyo, karena yang bersangkutan ternyata bukan prajurit TNI.

Terkait ini, pihak Polsek telah menerima pelimpahan dan kemudian melakukan proses pemeriksaan. Dalam pemeriksaan, Sertu gadungan Aris Setyawan, mengaku dirinya berkeinginan jadi tentara, dan pernah dua kali mendaftar tapi selalu gagal. Bersamaan itu, polisi meminta keterangan dari Saksi Suwarno (46) dan Danang Kurniawan (28), keduanya warga asal Dusun Taman dan Dusun Kembang, Desa Wiroko, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri. Polisi juga mengamankan barang bukti sebilah sangkur pisau belati dan sepeda motor Honda CBR-150 R dengan plat nomor AD 3212 VI bawaan Sertu gadungan tersebut.(suarabaru.id/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here