Bagikan
Ganjar Pranowo saat bersilaturahmi di Ponpes Taqwal Ilah disambut pengasuh ponpes KH Tali Tulab MSi (kiri).

SEMARANG – Gubernur Ganjar Pranowo menghabiskan pergantian tahun menuju tahun baru 2019, dengan mengunjungi panti tiga panti asuhan dan Pesantren Taqwal llah, Jalan Tunggu Raya, Meteseh, Kota Semarang. Menuju empat lokasi tersebut  Gubernur Jateng memilih gowes (naik sepeda-red) meski kondisi cuaca hujan deras.

Diakhir pergantian tahun Gubernur Ganjar Pranowo tiba di pesantren, pukul 23.35 dan meninggalkan pesantren yang diasuh KH Tali Tulub MSi pukul 00.45. Begitu turun dari sepeda, orang nomor satu di Jateng tersebut disambut dengan salawat Tholaal Badru dan Yalal Waton, yang digemakan ratusan santri dengan terbangan. Gubernur Ganjar pun ikut melantunkan salawat bersama para santri.

Memulai silaturahim tepat pukul 00.00, Gubernur Jateng mengawali dengan memimpin wasilah bacaan Surat Al-Fatihah yang ditujukan kepada para ulama dan para pahlawan bangsa.

Gubernur menegaskan, tahun baru di tengah tahun politik 2019, agar dijadikan momentum untuk berbuat lebih baik untuk bangsa, negara dan sesama.

Dalam situasi dan kondisi tahun politik ini, lanjutnya, diwarnai orang dengan mudahnya menyebarkan berbagai kebohongan, hoak, mudah mencaci maki satu sama lain, ujaran kebencian, mengkafirkan satu dengan yang lain dan berbagai provokasi dan agitasi.

Menurut Ganjar, melalui peringatan tahun baru ini, saatnya bermuhasabah untuk menjaga kerukunan di tengah keberagaman masyarakat.

Ganjar mengatakan sengaja merayakan ulang tahun dengan mengunjungi panti-panti asuhan dan pondok pesantren dengan gowes, di tengah hujan deras hingga harus basah kuyup. Bukan menghabiskan pergantian tahun dengan hura-hura yang tiada arti.

Pesan dari gowes hingga berbasah kuyub, mengingat saat ini ada saudara kita yang sedang terkena bencana. Ganjar mengatakan ingin ikut merasakan kesulitan dan penderitaan mereka dengan rela kehujanan. Motivasinya agar di dada kita muncul rasa saling peduli antara satu dengan lainnya.

Pengasuh pesantren Kiai Tali Tulab MSi menyampaikan terima kasih atas kunjungan Gubernur Ganjar yang mengakhiri 2018 dan mengawali tahun baru 2019 di pondok yang diasuhnya.

Menurut Kiai Tali Tulab, Gubernur Ganjar adalah salah satu pemimpin yang sering mengunjungi pesantren, sehingga dianggap sebagai keluarga pesantren sendiri.

Ponpes Taqwal Ilah, merupakan lokasi ke empat yang dikunjungi Gubernur dalam rangka merayakan tahun baru. Rute gowesnya, pukul 19.00-20.00 menghadiri tirakatan tahun baru di Gedung A Kantor Gubernur. Pukul 20.30 Night Ride (Gowes), start halaman Kantor Gubernur bersepeda menuju Panti Werdha Rindang Asih 2 di Jalan Dr Ismangil No 16 Bongsari. Kemudian 21.00-21.30 menuju Panti Asuhan Tanah Putih Jalan Dr Wahidin 14 RT 01/03 Kelurahan Jomblang Kecamatan Pedurungan Semarang. Selanjutnya 22.00-22.30 menuju Panti Asuhan Bugen Jalan KH Abdurahman 12 RT 02/1 Bugen Muktiharjo Kidul, Pedurungan.

Pukul 23.00-23.30 menuju Ponpes Taqwal Ilah Jalan Tunggu Raya Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. (suarabaru.id/sl).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here