Bagikan
Bupati Wonogiri Joko Sutopo berfoto bersama para penerima beasiswa. Foto: Humas

WONOGIRI- Pemerintah Kabupaten Wonogiri memberikan penghargaan berupa beasiswa kepada 162 mahasiswa berprestasi. Penyerahan dilakukan di pendopo rumah dinas bupati, Sabtu(29/12).
Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Dandim 0728/Wng yang diwakilkan kepada Pasilog Lettu Int Toto Mardoyo, Ketua DPRD Setyo Sukarno, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Wonogiri Drs. Siswanto, M.Pd., Kasi Barang Bukti Kajari Beni Prihatmo, SH., Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Edi Sutopo M.Si, dan orang tua mahasiswa.
Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wonogiri Drs. Siswanto, M.Pd. menyampaikan bahwa pemberian penghargaan berupa beasiswa ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa agar bisa melanjutkan pendidikan yang ditempuhnya.

Dari 162 mahasiswa penerima beasiswa tersebut, 144 mahasiswa S1, delapan mahasiswa S2 serta terdapat mahasiswa perguruan tinggi agama sebanyak 10 orang.
“Dengan adanya motivasi dan perhatian dari Pemkab, pada tahun 2018 terdapat 8 orang mahasiswa yang lulus dengan nilau cumloude dari berbagai perguruan tinggi yang berbeda,” kata Siswanto.
Di tempat yang sama Ketua DPRD Setyo Sukarno mengakui bahwa bantuan sebanyak 162 mahasiswa, tentunya masih kurang banyak mengingat dana yang dianggarkan sebanyak 2.5 M yang mampu untuk 200 lebih mahasiswa berprestasi.
Karena serapannya kurang maksimal, di tahun depena pemberian bantuan kepada mahasiswa berprestasi tidak semata-mata diberikan kepada mahasiswa yang kurang mampu saja, akan tetapi melalui seleksi dan menjaring mahasiswa yang berprestasi dari semua kalangan.
Bupati Wonogiri Joko Sutopo dalam sambutannya berharharap, 162 mahasiswa berprestasi yang telah mendapat beasiswa dari Pemkab, ikut memberikan sumbangsih dalam membangun sumberdaya yang ada di Kabupaten Wonogiri.
“Kami sebagai pihak yang diberi kepercayaan sebagai bupati Wonogiri dengan melihat kondisi generasi muda saat ini maka mahasiswa berprestasi yang hadir pada pagi hari ini sebagai generasi penerus bangsa 10 tahun kedepan dalam rangka menciptakan pembangunan di Kabupaten Wonogiri.
Masih menurut Bupati, sebenarnya banyak potensi yang terpendam akan tetapi dengan kemiskinan tersebut tidak dapat melanjutkan pendidikan. Atas kondisi tersebut pemerintah hadir atas kewenangan dan kebijakannya dengan program beasiswa untuk mahasiswa berprestasi. Maka marilah kita sosialisasikan program ini untuk membangun generasi muda yang mempunyai tanggung jawab dalam membangun sumberdaya manusia di Kabupaten Wonogiri. Komitmen kami penerima beasiswa tahun ini akan dilanjutkan sampai mahasiswa penerima beasiswa sampai lulus di perguruan yang di tempuh dan diharapkan tahun depan terdapat 300 mahasiswa berprestasi penerima beasiswa. (Suarabaru.id/Edi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here