Bagikan
GAMBAR - Suasana talkshow berlangsung . Indra Kertati (berdiri). di antara ibu-ibu bakul pasar Karangayu dan peserta lain.(hm)

SEMARANG –Forum Kesetaraan dan Keadilan Gender (FKKG) Jawa Tengah kerja bareng dengan Bawaslu  Jateng,.  Dalam talkshow dengan tema perempuan sehat, berdaya mengawasi Pemilu.  Acara dipandu oleh Dini Inayati  menjadi pembuka acara peringatan Hari Ibu ke -90 yang berlangsung di lantai 2 Pasar Karangayu,Kemarin.

Ketua FKKG , DR Indra Kertati M Si mengingatkan kesadaran perempuan akan kesehatan reproduksi masih rendah. Kesehatan reproduksi merupakan keadaan kesejahteraan fisik, mental, sosial yang berkaitan dengan system , fungsi dan proses reproduksi. “Setiap jam, satu perempuan Indonesia meninggal karena kanker servik” ,kata Indra.

Sementara itu bidan Endang Purwasih menjelaskan  gejala awal yang perlu diketahui tentang kanker servik yaitu keputihan yang berwarna dan bau, serta berdarah jika berhubungan badan . “Kemaluan  perlu dijaga tidak lembab, kalau perlu jika pergi membawa celana dalam untuk ganti, “ tambah Endang.

Politik Uang

M Rofiudin SHI M Ikom Komisioner, Koordinator Divisi Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Jateng  mengajak perempuan aktif mengikuti pelaksanaan pemilu dan menghindari politik uang. Caleg pelaku politik uang  tentu ingin uang kembali jika terpilih . Korupsi  cenderung dilakukan, yang akhirnya merugikan masyarakat. Perempuan sebagai pengelola rumah tangga yang terkena akibatnya.  “Karenanya perempuan harus sehat,berdaya. Jangan asal nyoblos. Ikut mengawasi kejujuran peserta pemilu”. tandasnya.

Selesai acara talkshow tim FKKG membagikan paket  berisi celana dalam, pembalut dan kutang  – BH, kepadaibu- – ibu  bakul pasar. Ketiganya simbolis kebutuhan dasar perempuan yang berkaitan dengan reproduksi.  Sementara Bawaslu membagikan leaflet , stiker tentang perlunya  pengawasan Pemilu  (suarabaru.id/hm)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here