Bagikan
Bupati Wonogiri Joko Sutopo (kiri) menyematkan tanda jabatan kepada Kades baru yang dilantik. Pelantikan 50 pemenang Pilkades ini, dilakukan serentak di Pendapa Kabupaten Wonogiri.(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) telah berlalu. Sebanyak 50 orang pemenang Pilkades, Kamis (27/12) dilantik menjadi Kepala Desa (Kades) baru. Kepada mereka, diimbau untuk pandai-pandai merangkul rivalnya ketika sama-sama menjadi jago dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Untuk selanjutnya, bersama seluruh elemen masyarakat dapat bersinergi membangun dan memajukan desa, demi menggapai masa depan yang lebih baik.

Imbauan ini, disampaikan oleh Anggota DPRD Wonogiri Sardi, Budi Sudibyo, Milkiyas Nusantara bersama para pimpinan Dewan, menanggapi lahirnya pemimpin baru di 50 desa, berkaitan dengan telah dilantiknya para pemenang Pilkades di 50 desa di 18 kecamatan di Kabupaten Wonogiri. ”Rangkul jago yang kalah, yang dulu menjadi rival ketika sama-sama maju di Pilkades, untuk memajukan pembangunan desa,” tegas Budi Sudibyo selaku juru bicara Fraksi Partai Golkar DPRD Wonogiri. Harapan sama, juga disampaikan oleh juru bicara Fraksi PAN DPRD Wonogiri, Sardi, dan juru bicara Fraksi Partai Demokrat Milkias Nusantara.

Setyo Sukarno bersama para Wakil Ketua DPRD yang terdiri atas Sunarmin, Basriyono dan Dekik Suhardono, juga mengharapkan hal sama, yakni agar para Kades baru dapat merangkul pesaingnya tatkala Pilkades, untuk kemudian bersama semua komponen masyarakat, dapat beresinergi bersama-sama membangun dan memajukan desa, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. ”Yang menang jangan sewenang-wenang dan yang kalah dalam Pilkades harus bersikap legawa,” tegas Ketua DPRD Setyo Sukarno.

Pelantikan sebanyak 50 pemenang Pilkades, Kamis (27/12), dilakukan oleh Bupati Wonogiri Joko Sutopo. Pelantikan secara massal para pemenang Pilkades Tahap II Tahun 2018 ini, dilaksanakan di Pendapa Kabupaten Wonogiri. Ditandai dengan pengucapan sumpah janji, penandatangan berita acara pelantikan, penyematan tanda jabatan dan penyerahan Surat Keputusan (SK). Ikut hadir Forkompinda, para camat bersama Forkompincam, para kepala dinas dan instansi.

Dalam sambutannya, Bupati, mengingatkan tentang pentingnya peran keluarga dalam mendukung sukses tugas dan jabatan sebagai Kades. ”Sebagai Kepala Desa terpilih, ada tugas dan tanggungjawab yang secara langsung melekat pada jabatan, yang itu akan dapat berjalan dengan baik manakala mendapatkan dukungan dari keluarga,” tegas Bupati sembari menambahkan agar para istri Kepala Desa segera menyesuaikan diri, menempatkan diri sebagai istri seorang pemimpin yang harus merakyat, aktif pada semua kegiatan kemasyarakatan.

Bupati, menegaskan, tugas sebagai Kepala Desa tidaklah mudah, ada fungsi administrasi pembangunan yang membutuhkan kecermatan. Kepala Desa senantiasa berkaitan dengan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang menggunakan dana desa, yang dalam hal ini mendapatkan pengawasan dari Kejaksaan Negeri (Kejari) melalui institusi TP4D (Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah).

Ketua DPRD Kabupaten Wonogiri, Setyo Sukarno. dalam sambutannya, memberikan apresiasi terhadap peran semua unsur yang terlibat dalam mensukseskan gelaran Pilkades serentak di 50 desa. Sebagaimana diketahui, Pilkades Tahap II Tahun 2018 dilaksanakan serentak di 50 desa di 18 kecamatan di Kabupaten Wonogiri, Selasa (4/12) lalu, yang diikuti sebanyak 117 orang jago. ”Saya menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah ikut andil dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkades Tahap II Tahun 2018 di Kabupaten Wonogiri, sehingga dapat berjalan lancar tanpa ada persoalan apapun,” tegasnya.(suarabaru.id/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here