Bagikan
GEREJA : Masih dalam suasana Natal, petugas Polsek Randubaltung, Polres Blora, patroli dini hari dengan menyambangi salah satu gereja. Foto : Wahono

BLORA – Polres Blora dan jajaranya di semua Polsek, meningkatkan partoli malam untuk mengantisipasi tindak kejahatan, currat, curras, pencurian kendaraan bermotor, dan aksi teror menjelang pergantian tahun baru 2018 ke 2019.

Patroli malam tidak hanya dilakukan oleh petugas di sentra pelayanan kepolisian terpadu (SPKT) Polres, namun wajib dilaksanakan oleh seluruh (16) Polsek jajaran Polres Blora.

“Semua Polsek kami instruksikan meningkatkan patroli malam, apalagi jelang tahun baru 2019,” jelas Kapolres Blora AKBP Agustinus Anang melalui Kabagops Kompol Zuwono, Kamis (27/12).

Patroli petugas SPKT, fokus pada obyek vital seperti kantor perbankan, asset BUMN, BUMS, pertokoan, SPBU, area publik, dan pemukiman penduduk.

Dalam pelaksanaannya, masing-masing Polsek menggunakan mobil Mitsubhisi Strada, dipimpin oleh Kepala SPKT, sekaligus menyambangi pos-pos kemanan lingkungan (Poskamling).

Kamtibmas

Misal bertemu sekelompok pemuda yang nongkrong di berbagai lokasi, petugas pelunya menyempatkan berhenti dan memberi himbauan untuk tertib, dan menjaga keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Petugas yang berpatroli harus peka lingkungan, pemuda nongkrongpun harus didekati, diberi pengertian pentingnya kamtibmas,” kata Kompol Zuwono.

Demikian juga saat bertemu warga yang sedang ronda di pos kampling, petugas harus luwes menyampaikan himbauan-himbauan kamtibmas, karena  menjadi kewajiban bagi Polri mengantisipasi terjadinya suatu tindak kejahatan.

Maka dengan himbuan tersebut, secara otomatis masyarakat akan lebih waspada, karena suatu tindak kejahatan tidak mengenal tempat dan waktu, tambah Zuwono.

Petugas, lanjutnya, perlu menghimbau warga bila mengetahui kejahatan sekecil apapun, diharapkan segera melaporkan ke pernagkat desa atau kantor Polisi terdekat.

Sementara itu Kasat Sabhara Polres Blora, AKP Sutarjo menambahkan, kehadiran Polisi ditengah-tengah masyarakat, akan bisa memberik rasa aman lingkungan.

Sedangkan tujuan patroli, adalah langkah preventif, dan sarana menyampaikan pesan, himbauan kamtibmas agar masyarakat merasa lebih aman serta nyaman.

“Patroli malam  untuk menjaga kondusifitas wilayah, dan perlu dilakukan berkali-kali dalam satu malam, bisa dua, tiga atau tergantung situasinya,” katanya.(suarabaru.id/wahono)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here