Bagikan
BARU : Inilah mobil baru dan canggih bantuan Pusat Pengembangan, dan Pengkajian Minat Baca Perpustakaan Nasional RI untuk kantor DPK Blora. Foto : Wahono

BLORA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Blora, mendapat tambahan satu unit mobil pintar untuk operasional Perpusling dari Pusat Pengembangan, dan Pengkajian Minat Baca Perpustakaan Nasional RI.

Di dalam mobil tersebut, dilengkapi TV 32 inc, meja dengan lima unit PC tablet (tab) layar sentuh, genset, CPU server, satu UPS, speaker, sarana wifi serta ratusan buku bacaan.

“Mobil Toyota Hilux modifikasi, lengkap dengan prasarananya sudah di kantor kami,” kata Kepala DPK Kabupaten Blora, Gundala Wejasena, Kamis (27/12).

Nantinya, mobil tersebut untuk penunjang perpustakaan keliling (Perpuskab), diserahkan Kepala Pusat Pengembangan, dan Pengkajian Minat Baca Perpustakaan Nasional RI, Deny Kurniadi, di Jakarta.

“Kami menyebutnya mobil pintar, dan canggih diserahkan langsung  oleh Pak Deny,” tambahnya.

Menurutnya, dalam mobil juga ada buku digital yang tersimpan dalam server, dan buku-buku elektronik itu bisa dibuka dengan PC tablet di dalam mobil tersebut.

Sedangkan keberadaan TV di dalam mobil, bisa digunakan untuk memutar film-film pendidikan, plus unit speaker. Menurutnya, bantuan tersebut sangat membantu, dan jadi andalan DPK untuk melayani masyarakat Blora.

Berbenah

Gundala menambahkan, DPK Blora terus berbenah diri meningkatkan pelayanan memenuhi permintaan masyarakat dalam pemenuhan berbagai jenis bacaan (buku), dan memperbanyak jadwal Perpusling.

Diakuinya, masyarakat saat ini sudah hidup di era digital dengan perkembangan media sosial (medsos), dan kecepatan berita-berita online. Namun kebutuhan masayrakat atas bacaan (buku manual dan buku eletronik) terus meningkat.

Untuk mendukung kebutuhan masyarakat, DPK yang sebelumnya bernama kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) meningkatkan daerah pelayanan melalui Perpusling. .

“Pelayanan Perpusling kami sempurnakan, area cakupan layananan diperluas, agar mengjangkau masyarakat pedesaan,” jelas drh. Gundala Wejasena MP.

Maka setelah mendapat dukungan fasilitas baru, adalah untuk melengkapi fasilitas yang ada sebelumnya menjadi empat armada (dua mobil dan satu motor roda tiga).

Kepala DPK Blora menambahkan, bantuan tambahan armada itu sangat membantu tugas-tugasnya melayani masyarakat akan buku bacaan, termasuk melayani permintaan sekolah-sekolah, dan warga difabel.(suarabaru.id/wahono)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here