blank
Kepala SMP Negeri 13 Kota Magelang Yuliastuti menunjukkan piagam penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional, (Suarabaru.id/dok)

 

MAGELANG- Lima sekolah di Kota Magelang mulai tingkat SD, SMP, SMA dan SMK menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional. Kelima sekolah tersebut adalah SDN 5 Kedungsari, SD Negeri 6, SMP Negeri 10, SMP Negeri 13 dan SMK Negeri 2.

‘’Penyerahan penghargaan dilakukan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya di Auditorium Dr Ir Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, pada 21 Desember 2018,’’ kata Kepala SMP Negeri 13, Yuliastuti, Rabu (26/12).

Dia menerangkan, program Adiwiyata sangat dibutuhkan untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam pengelolaan lingkungan hidup, serta diperlukan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

Disamping itu, program Adiwiyata merupakan aksi pendidikan lingkungan hidup yang merupakan suatu proses untuk membangun populasi manusia  yang sadar dan peduli terhadap lingkungan.

‘’Maka program Adiwiyata ini diharapkan bukan hanya sebuah aktifitas biasa,  melainkan untuk menekankan pembinaan dalam mewujudkan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan,’’ ujar Yuliastuti.

Kepala SMP Negeri 13 Kota Magelang itu juga menyampaikan terima kasih kepada segenap komunitas di sekolahnya yang telah berkomitmen dalam hal peduli dan berbudaya lingkungan.

‘’Sebelum mendapat penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional, sekolah kami sudah menerima penghargaan   Adiwiyata Tingkat Kota Magelang tahun 2014 dan penghargaan Adiwiyata Tingkat Propinsi Jawa Tengah tahun 2015,’’ terangnya.

Yuliastuti menuturkan, proses untuk mendapatkan Adiwiyata  setelah SMP Negeri 13 Kota Magelang mengirim administrasi berupa softcopy. Selanjutnya  dilakukan verifikasi lapangan mencocokkan apakah data  yang dikirim sesuai dengan kondisi lapangan.

Selain itu, penilaian verifikasi lapangan tidak hanya pada kondisi lapangan semata, tetapi juga bagaimana pembiasaan warga sekolah peduli lingkungan dengan wawancara, khususnya kepada siswa. (Suarabaru.id/dh)