Bagikan
Kapolres Magelang Kota AKBP Krsitanto Yoga Darmawan bersama Forkopimda melakukan pemusnahan miras dan knalpot jambrong, (Suarabaru.id/dh)

 

MAGELANG – Sebanyak 1.085 botol minuman keras (miras) dan 5 jerigen (150 liter) minuman sejenis dimusnahkan oleh Polres Magelang Kota. Miras yang dimusnahkan terdiri atas beer prost, vemi colombia, anggur merah javan, vodka/mension, ice land, new port, cap tiga orang, anggur putih, anggur kolesom, ciu jerigen, ciu plastik, ciu 600 ml dan ciu 300 ml.

Selain itu, dimusnahkan pula knalpot jambrong sebanyak 60 buah yang dilindas menggunakan alat berat.

Pemusnahan barang bukti minuman keras (miras) dan knalpot jambrong yang berlangsung Jumat (21/12)  di Asrama Polisi Ganten Magelang, merupakan hasil kegiatan kepolisian yang ditingkatkan (K2YD) tahun 2018. Miras dimusnahkan dengan cara dituang ke dalam tanah dan knalpot dilindas alat berat.

Kegiatan itu dilaksanakan bersamaan dimulainya   Operasi Lilin Candi 2018 hingga berakhir 1 Januari 2019 mendatang guna pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru.

‘’Operasi lebih bernuansa kemanusiaan dengan mewujudkan kegiatan perlindungan, pengayoman dan pelayanan terhadap masyarakat. Kita musnahkan barang bukti ini wujud komitmen memberantas keduanya,’’ ujar Kapolres Magelang Kota, AKBP Kristanto Yoga Darmawan.

Dia menuturkan, dalam operasi ini pihaknya menerjunkan 226 personel dan dibantu instansi samping 110 personel. Ada beberapa yang menjadi fokus pengamanan, seperti tempat peribadatan (gereja) dan titik-titik rawan kecelakaan serta kriminalitas.

Menurutnya, gereja yang akan mendapat pengamanan, yakni 35 gereja. Tersebar di Kecamatan Magelang Utara 7 gereja, Kecamatan Magelang Tengah 21 gereja, dan Kecamatan Magelang Selatan 7 gereja.

‘’Metode pengamanan masing-masing gereja berbeda, karena karakternya bervariasi. Yang jelas, pengamanan kita bagi tiga ring. Yakni pertama pengamanan di dalam, kedua di luar yang dibantu instansi samping, dan ketiga kelancaran arus lalu lintas,’’ terangnya.

AKBP Kristanto menambahkan, pengamanan Tahun Baru akan fokus pada event Car Free Night (CFN) pada 31 Desember 2018. Pengamanan diperkirakan lebih ketat, mengingat hiburan pentas musik tahun ini bakal mendatangkan band papan atas tanah air, Sheila On 7.

‘’Kita siapkan pengalihan arus di simpang CPM, penutupan di BPLK, pengalihan di Jl Sutoyo, pengalihan di Kantor Pos dan pengalihan di area Ngesengan. Warga yang ingin ke alun-alun disiapkan 7 kantong parkir, yakni Jl Veteran, Jl A Yani, Jl Pemuda, Jl Sigaluh, Jl Sutopo, Jl Mayjend Sutoyo, dan Jl Yos Sudarso,” urainya.

Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito yang hadir pada acara itu menyatakan,  sangat mengapresiasi keberhasilan polisi menyita ribuan miras dan puluhan knalpot jambrong ini. Sekaligus apresiasi kesiapan pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru nanti.

‘’Saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bahu membahu ciptakan situasi dan kondisi yang sejuk. Sampai akhir tahun nanti, insya Allah situasi akan tetap konsudif, bahkan sepanjang tahun 2019,’’ harapnya. (Suarabaru.id/dh)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here