Bagikan
Bupati Wonogiri Joko Sutopo (berpeci) memukulkan botol berisi miras ke roda besi mesin jogjig stomwals. Ini dilakukan untuk mengawali pemusnahan ratusan liter miras.(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Menjelang perayaan Natal dan penyambutan Tahun Baru 2019, ratusan botol minuman keras (miras) aneka merk dan kemasan, serta ratusna liter miras jenis ciu curah, Jumat (21/12), dimusnahkan dengan cara dilindas memakai mesin jogjig (stomwals). Miras yang dimusnahkan, terdiri atas sebanyak 820 botol miras dalam kemasan berlabel, dan 18 jirigen berisi 685 Liter miras ciu curah. Pemusnahannya dilakukan di halaman depan timur Kantor Kabupaten Wonogiri, dipimpin Bupati Wonogiri Joko Sutopo dengan didampingi Wakil Bupati Edy Santiosa, Ketua DPRD Setyo Sukarno, bersama Kapolres AKBP Uri Nartanti Istiwidayati, serta Dandim 0728 Letkol (Inf) M Heri Amrulloh dan jajaran Fokompinda Wonogiri.

Ikut dimusnahkan pula, barang bukti sebanyak 14 butir pil psikotropika, dan 99 butir obat daftar G. Kapolres menyatakan, miras dan obat terlarang yang dimusnahkan itu, merupakan barang bukti yang disita dalam serangkaian kegiatan operasi kepolisian yang ditingkatkan, dalam rangka cipta kondisi menghadapi perayaan Natal Tahun 2018 dan penyambutan Tahun Baru 2019 di Kabupaten Wonogiri. Pemusnahan diawali dengan penandatanganan berita acara oleh Bupati bersama Fokompinda, Ketua DPRD, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Turut hadir menyaksikan pemusnahan, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Wonogiri Soetopobroto bersama para pemuka agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu dan Budha, Wakapolres Kompol A Aidil Fitrisah, Kabag Ops Kompol Jaka Wibawa, Kasat Reskrim AKP Aditia Mulya Ramdhani, Kasat Narkoba AKP Suharjo, Kasatlantas AKP Dwi Erna Rustanti, Kasdim 0728 Mayor (Inf) Nurul Muthahar, para perwira staf dan para Kapolsek se Wonogiri, serta pengurus berbagai Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Pemuda dan Ormas Keagamaan.

Kata Kapolres, terjadi kemunculan trend di kalangan anak muda sekarang, yang menggemari minuman spritus oplosan, yang ini jelas membahayakan bagi kesehatan jasmani, rohani dan mental bagi generasi penerus bangsa. Kepada semua elemen masyarakat, Kapolres mengimbau agar ikut peduli memberikan peran dalam upaya membangun sinergitas menyelamatkan generasi muda dari miras dan penyalahgunaan narkoba. Dalam kesempatan itu, turut memberikan sambutan Bupati Wonogiri Joko Sutopo.(suarabaru.id/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here