Bagikan
PENGMANAN : Tidak hanya gereja, personil Polres Blora yang bertugas di Polsek Jiken, meningkatkan pengamanan dan patroli asset vital BUMN sumur-sumur migas di Blora. Foto : Wahono

BLORA – Demi menjaga kondusifitas wilayah menjelang, saat, dan pasca Natal, Kepolisian Resor (Polres) Blora, mendirikan tiga pos kemananan (Pospam) dan satu pos palayanan (Posyan) di empat lokasi berbeda.

Pospam tersebut, Rabu (19/12), didirikan di depan gereja Katholik Santo Pius (Blora), depan gereja Bethany (Blora), kompleks gereja Santo Willy Brodus (Cepu), dan Posyan di alun-alun utara Kota Blora. “Pendirian Pospam dan Posyan, untuk mendukung Operasi Lilin Candi 2018, sekaligus pengamanan tahun baru 2019,” jelas Kapolres Blora AKBP Antonius Anang Tri Kuswindarto melalui Kabagops Kompol Zuwono.

Tidak hanya dirikan Pospam dan Posyan, kini mulai aktif melaksanakan pendataan serta pengamanan gereja, antara lain melalui patroli sewaktu pada siang maupun malam dengan mengerahkan ¾ personi. “Jajaran Polsek (16 Polsek), juga aktif patroli sambang gereja, asset negara dan fasilitas publik,” jelasnya

Patroli di sejumlah gereja dan lingkungan, mulai ditingkatkan seluruh personil Polsek diwilayahnya masing-masing. Tidak hanya malam hari, siang juga wajib patroli keliling. “Langkah ini untuk memastikan, perayaan Natal nanti dapat berjalan aman, lancar, dan kondusif,” tambahnya.

Tokoh Agama

Tidak hanya memperketat pengamanan gereja dan lingkungan, Kapolres juga menginstruksikan kepada anggota, dan jajarannya di 16 Polsek untuk menjalin komunikasi dengan pihak gereja serta tokoh agama. Penyisiran-penyisiran dan stelirisasi juga mulai dilakukan, khususnya pada gereja besar yang dirasa butuh sterilisasi dari tim sterilisasi Satuan Sabhara Polres Blora.

Bahkan mulai Rabu malam, selain menyebar anggota berseragam di berbagai titik yang dinilai rawan kejahatan, dan kasus kriminal lainnya, juga diturunkan anggota berpakaian preman. “Mereka kami sebar, untuk memonitoring situasi, baik di gereja maupun pusat keramaian,” tambah Kabagops Kompol Zuwono.

Menurutnya, pengamanan tidak hanya fokus di tempat ibadah, tapi juga untuk lingkungan, pusat-pusat keramaian, perbankan, asset negara BUMN, BUMS, pom-pom bensin dan fasilitas publik. “Untuk kenyamanan perayaan Natal umat Kristiani, jajaran Polres tingkatkan keamanan wilayah, dan pelayanan masyarakat,” tambahnya.‎(suarabaru.id/wahono)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here