blank
Pansel menyerahkan hasil seleksi calon Sekda Kota Magelang kepada Wali Kota Sigit Widyonindito, (Suarabaru.id/dok)

 

MAGELANG- Panitia seleksi (pansel) calon Sekda Kota Magelang telah menetapkan tiga calon Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kota Magelang, pada 17 Desember 2018.

Ketiga calon yang lolos tersebut adalah Deddy Eko Sumarwanto Pengawas Pemerintah Madya Kota Magelang. Berikutnya Joko Budiyono Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Kota Magelang. Selanjutnya, Larsita Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Magelang.

‘’Penetapan itu bukan berdasarkan hasil seleksi, tetapi urutan abjad,’’ kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Magelang, Aris Wicaksono, Selasa (18/12).

Lolosnya ketiga calon sekda itu dimuat dalam Pengumuman Nomor 15/PANSEL-JPT/XII/2018 yang ditandatangani Ketua Pansel Mohammad AriefIrwanto pada 17 Desember 2018.

Arief dalam pengumuman itu menerangkan, penetapan ketiga calon sekda itu berdasarkan hasil penilaian administrasi, uji kompetensi menggunakan assessment center, uji gagasan tertulis, presentasi dan wawancara yang dituangkan dalam berita acara.

‘’Keputusan panitia seleksi bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Hasil seleksi ini disampaikan melalui alamat website http://bkpp.magelangkota.go.id,’’ terangnya.

Aris Wicaksono mengemukakan, oleh pansel hasil seleksi selanjutnya diserahkan kepada Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito. Pada hari itu  juga (17/12) wali kota mengirim surat kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengenai hal tersebut.

‘’Sekarang tinggal menunggu dipanggil Gubernur Jateng. Yang dipanggil tiga calon sekda, pansel dan wali kota selaku pembina kepegawaian,’’ tuturnya.
Setelah ada persetujuan dari gubernur, lanjut Aris, selanjutnya minta rekomendasi untuk pelantikan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Seperti diketahui, empat calon Sekda Kota Magelang yang mengikuti seleksi adalah Joko Budiyono Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Kota Magelang, Larsita Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Magelang, Arif Barata Sakti Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Magelang, dan Deddy Eko Sumarwanto Pengawas Pemerintah Madya Kota Magelang.

Sedang pansel terdiri lima orang, diketuai Mohammad Arief Irwanto Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jateng yang juga merangkap anggota.

Anggota lainnya adalah Anjaswari Dewi Kepala Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara Yogyakarta. Eko Muh Widodo Rektor Universitas Muhammadiyah Magelang. Sukarno Dekan FKIP Universitas Negeri Tidar dan Marsda TNI (Purn) Gadiono tokoh masyarakat Kota Magelang. (Suarabaru.id/dh)