Bagikan
Xherdan Shaqiri/dok

LIVERPOOL – Xherdan Shaqiri, yang dibeli dengan harga murah, menjadi pahlawan kemenangan Liverpool ketika memukul Manchester United (MU) 3-1 dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Stadion Anfield, Senin (17/12) dini hari WIB. Winger asal Swiss itu tampil efektif dan efisien. Shaqiri menyumbang dua gol The Reds. Gol pertama dicetak Sadio Mane. Balasan tim tamu diceploskan Jesse Lingard. Shaqiri menggantikan Naby Keita pada menit ke-70.

Shaqiri menjadi solusi atas kebuntuan Si Merah. Dua kali tembakannya yang terdefleksi tak mampu diselamatkan kiper David de Gea. ”Kemenangan ini sangat menyenangkan. Saya selalu berusaha membantu tim. Itu adalah tugas saya di Liverpool,” ujar Shaqiri. ia terbukti bermain efisien. Cuma 20 menit di lapangan, mantan pemain Stoke City ini membuat 23 sentuhan, 17 umpan, menciptakan satu peluang, dan melepaskan dua tembakan tepat target. Dalam 13 penampilan bersama The Kop di Premier League, Xherdan mencetak lima gol dan tiga assist.

Manajer Liverpool Juergen Klopp menilai skuadnya begitu sempurna. Dia benar-benar terbuai oleh performa Virgil van Dijk dan kolega. Si Merah memang luar biasa. Pasukan tuan rumah melakukan 36 percobaan dengan 11 mengarah ke gawang. Sebaliknya, MU hanya punya enam percobaan, dua di antaranya tepat ke sasaran.

Sementara itu, Manajer MU Jose Mourinho menyebut tendangan-tendangan Shaqiri tak akan masuk jika tidak berbelok arah mengenai pemainnya. Menurut dia, dalam kondisi normal bola itu tak sulit buat De Gea. “Kami kemasukan gol-gol yang kalau dalam kondisi normal bisa diselamatkan De Gea,” ungkap Mourinho. (rr)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here