Bagikan
SIDAK : Kapolres Blora AKBP Antonius Anang Tri Kuswindarto, SIK, MH, sidak ruang tahanan dan sempat berbincang-bincang dengan para tahanan. Foto : Wahono

BLORA –  Kapolres Blora AKBP Antonius Anang Tri Kuswindarto, inspeksi mendadak (sidak) ke ruang tahanan Mapolres setempat. Lima ruang sel, diperiksa satu persatu, termasuk kondisi para tahanan, Kamis (13/12).

Dalam kegiatan sidak, Kapolres didampingi personil Bagian Tahanan dan Barang Bukti (Tahti), Kasubag Humas Iptu Eko Septi, dan empat personil jaga. Kapolres sempat menghitung jumlah tahanan ada 12 orang. “Sudah saya cek data, dan cek tahahan, cocok semua ada 12 tahanan,” beber Anang.

Tidak hanya mengecek kesiap-siagaan personil jaga tahanan, sidak Kapolres untuk tujuan melihat dari dekat  kondisi ruang tahanan, dan kondisi kesehatan para tahanan. Saat di ruang tahanan, Kapolres Blora juga memerinci kapasitas isi ruang tahanan yang menampung 12 orang, terbagi dalam tiga ruang sel tahanan. “Sel tahanan lumayan besar, tiga sel menampung 12 orang, saya rasa masih ideal,” katanya.

Dalam sidak, AKBP Anang melihat ruang-ruang tahanan dalam keadaan bersih, rapi dan baik. Namun demikian, pihaknya berpesan agar kondisi tersebut terus dijaga, dan bisa ditingkatkan.

Jeruji Besi

Di kesmepatan sidak, Kapolres sempat mengamati jeruji besi yang sudah diperkuat dengan penambahan cor beton dan semen penyangga, sehingga tidak mudah dirusak atau dibobol untuk kabur tahanan. “Fisik tahanan sudah bagus, dan kokoh, tapi kewaspadaan tetap perlu,” tambahnya.

Mantan Kasubditgakku Ditpolair Polda Jateng yang baru menjabat bebera hari di Blora, berpesan kepada empat petugas jaga bahwa 12 orang tahanan memiliki hak untuk diperlakukan secara baik. Baik tersebut, jelasnya, menyangkut kesehatan maupun kebutuhan pribadi para tahanan tetap harus terjaga, sehingga akan memperlancar proses penyidikan.

Selain itu, Kapolres Blora berpesan kepada anggotanya untuk mengantisipasi adanya barang-barang atau benda yang terlarang masuk ketahanan. Petugas jaga harus rajin kontrol, dan mengawasi para tahanan, katanya. “Jangan sampai lupa, setiap hari para tahanan mendapatkan pelayanan kesehatan tim Urdokkes Polres Blora,” pesan Kapolres Blora AKBP Antonius Anang Tri Kuswindarto, SIK, MH.(suarabaru.id/wahono)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here