Bagikan
Alisson Becker (kanan/dok)

LIVERPOOL – Ketangguhan kiper Alisson Becker dan gol tunggal Mohamed Salah berperan besar meloloskan Liverpool ke babak 16 besar Liga Champions. Pada partai keenam (terakhir) Grup C di Stadion Anfield, Rabu (12/12) dini hari WIB, The Reds berjaya berkat gol Salah pada menit ke-34. Dengan hasil itu Si Merah menjadi runner up, sedangkan juara grup ditempati Paris Saint Germain. Kini tinggal satu tim yang belum memastikan lolos ke perdelapan final. Sudah 15 klub yang menembus fase gugur, yakni Borussia Dortmund, Atletico Madrid (Grup A), Barcelona, Tottenham Hotspur (Grup B), Paris Saint Germain, Liverpool (Grup C), Porto, Schalke (Grup D), Bayern Munich, Ajax (Grup E), Manchester City (Grup F), Real Madrid, AS Roma (Grup G), Juventus dan Manchester United (Grup H).

Didukung penuh puluhan ribu suporternya, Liverpool tancap gas sejak menit awal dan tak memberikan kesempatan Napoli untuk mengembangkan permainan. Si Merah melakukan 22 percobaan dengan empat tepat target. Salah menjadi salah satu pemain dengan jumlah tembakan terbanyak (tiga kali). Itu merupakan gol ketiganya di Liga Champions musim ini sekaligus yang ke-13 di seluruh kompetisi.

Performa naik Salah diimbangi kecekatan Alisson. Penjaga gawang termahal kedua dunia ini begitu baik dalam meredam serangan lawan, termasuk membendung sepakan jarak dekat Arkadius Milik dalaminjury time.

Kalau saja tembakan Milik masuk, maka Liverpool terpental. Manajer Juergen Klopp sangat senang dengan peran Salah dan Alisson. “Mo Salah mencetak gol yang luar biasa, dan saya tidak mengerti lagi bagaimana Alisson bisa membuat penyelamatan seperti itu. Luar biasa,” ungkap Klopp.

Ketika Si Merah bergairah, Napoli harus patah hati. Wakil Italia itu tak mampu dominasi The Anfield Gank. Sekarang Partenopei turun level ke Liga Europa. Turnamen level dua Eropa ini akan jadi ajang penebusan untuk Marek Hamsik dan kawan-kawan Naples. “Tidak ada penyesalan. Kami siap membawa performa ini ke Liga Europa, dan akan menggunakannya sebagai motivasi untuk melaju pada turnamen itu juga,” tutur Carlo Ancelotti, pelatih Napoli. (rr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here