Bagikan
SATPAM : Saat Wakapolres Blora Drs. M. Kompol Shamdani MH membuka Diksar Satpam yang diselenggarakan di aula Mapolres setempat. Foto : Wahono

BLORA – Masih banyak petugas satuan pengamanan (Satpam) Di Blora yang belum memiliki skill (ketrampilan) khusus keamanan fisik, belum berbekal pendidikan Satpam, dan tidak faham tupoksi sebagai petugas pengamanan.

Sedangkan saat sebagai pengaman swakarsa, Satpam memiliki tugas pokok dan fungsi (tupoksi) khusus yang bisa didapat dri mengikuti pendidikan, papar Kapolres Blora AKBP Saptono melalui Wakapolres Kompol Shamdani.

“Satpam atau scurity, janganlah hanya berbekal seragam, tapi harus faham tupoksinya,” tandas Kompol Shamdani, Senin (3/12).

Untuk itu, lanjutnya, Satpam yang dibentuk oleh instansi atau badan usaha, perlu memahami tupoksinya dengan cara mengikuti pendidikan dasar Satpam, tujuannya agar matang saat penyelenggaraan keamanan swakarsa di lingkungan kerja.

Polri, lanjutnya, menyadari tidak mungkin bekerja sendiri dalam menciptakan masyarakat yang aman dan tertib. Untuk itu, Polri mendorong terbentuknya satpam di Indonesia, yakni diawali dari gagasan Kapolri, ketika itu dijabat Jenderal Polisi (Purn) Prof. DR. Awaloedin Djamin.

“Ketika itu, terbit  Surat Keputusan Kapolri Nomor  SKEP/126/XII/1980 tanggal 30 Desember 1980 tentang Pola Pembinaan Satuan Pengamanan,” jelas Shamdani.

Mumpuni

Agar muncul Satpam yang profesional, Polres Blora Bekerja sama dengan PT Bravo Satria Perkasa, mengadakan pendidikan dasar (Diksar) Satpam Gada Pratama. Prosesi pembukaan Diksar Satpam, digelar di aula Polres Blora, dihadiri sejumlah undangan, antara lain Disnaker Kabupaten Blora, PPSDM Migas Cepu, pimpinan PT. GMM Bulog dan pejabat utama Polres.

Kapolres Blora AKBP Saptono yang diwakili Wakapolres Kompol Shamdani, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung terlaksananya Diksar Satpam.

Kapolres menyadari, dengan segala keterbatasannya Polri tidak mungkin bekerja sendirian, sehingga dengan Diksar Satpam ini di harapkan dapat membentuk Satpam yang sigap dan mumpuni. “Satpam adalah mitra kerja Polri, maka perlu bekal pengetahuan dan dasar-dasar dalam menjalankan tugas keamanan swakarsa di lingkungnnya,” pungkasnya.(suarabaru,id/wahono)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here