Bagikan
Juergen Klopp/dok

PARIS – Sudah memainkan lima laga, tapi belum ada satu tim pun dari Grup C yang lolos ke 16 besar Liga Champions. Masih ada tiga tim yang berpeluang. Setelah menuntaskan pertandingan kelima, Kamis (29/11) dini hari WIB, Napoli memimpin klasemen berkat kemenangan 3-1 atas Crvena Zvezda (Red Star). Paris Saint Germain (PSG) menguntit di urutan kedua selepas menundukkan Liverpool 2-1. Nasib tim-tim di Grup C ditentukan pada partai terakhir, 11 Desember mendatang. Liverpool akan menjamu Napoli di Anfield, sedangkan PSG tandang ke markas Crvena Zvezda.

Kans The Reds memang yang paling berat. Si Merah harus menang 1-0 atau unggul minimal dua gol untuk menembus fase gugur. Sementara PSG di atas kertas bakal mampu mengatasi Bintang Merah. ”Kami butuh bantuan Anfield, dan kami harus membuat atmosfer yang sangat spesial,” ungkap Manajer Liverpool Juergen Klopp. “Napoli adalah tim yang kuat, dan konsisten bermain di mana pun,” tambah pelatih asal Jerman ini.

Kondisi kritis seperti ini pernah dialami Liverpool pada fase grup musim 2004-2005. Pada laga keenam leg pertama The Reds tertinggal 0-1. Namun, di Anfield Steven Gerrard dan kawan-kawan berhasil membalikkan keadaan. Tertinggal satu gol pada babak pertama, Si Merah akhirnya menang 3-1 melalui gol Florent Sinama Pongolle, Neil Mellor, dan Steven Gerrard. Kemenangan itu dicapai dramatis, karena dua gol terakhir baru terjadi di atas menit ke-80. (rr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here