Bagikan
Camat Pracimantoro, Wonogiri, Warsito (tengah) bersama jajaran Fokompincam, memimpin pengundian nomor urut calon Pilkades di Desa Suci. Haslinya, nomor satu Agung Ambarwani dan nomor dua Wawan Manfaato.(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak akan digelar di 50 desa  di 18 kecamatan di Kabupaten Wonogiri, Selasa (4/12) mendatang. Pilkades ini, diminati sebanyak 117 orang calon, diantaranya sebanyak 53 orang mantan kepala desa (Kades). Menyambut Pilkades serentak ini, Senin (26/11), akan digelar deklarasi Pilkades damai di Pendapa Kabupaten Wonogiri, Tujuannya, agar ilkades berjalan aman, tertib, lancar, dan terjauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Gelar deklarasi Pilkades damai ini, akan dihadiri semua calon yang akan maju dalam Pilkades, para personel panitia Pilkades, Camat dan jajaran Forkompincam, serta instansi terkait. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Wonogiri, Semedi Budi Wibowo, menyatakan, bersamaan dengan acara deklarasi Pilkades damai tersebut, akan tampil memberikan pengarahan Bupati Wonogiri Joko Sutopo bersama jajaran Forkompinda. Diharapkan, semua tahapan Pilkades temasuk pelaksanaan kampanye, hari H pencoblosan, sampai pada perhitungan dan penetapan hasil suara, dapat dilaksanakan sesuai dengan regulasi yang ada dan dapat berjalan kondusif dan terjauhkan dari konflik.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Wonogiri, Semedi Budi Wibowo, menyebutkan, 50 desa yang akan menggelar Pilkades serentak dalam sehari tersebut, diminati oleh sebanyak 117 orang calon. Dari jumlah itu, tambahnya, ada sebanyak 53 orang mantan Kades yang menjagokan kembali. Yakni para Kades pentahana (incumbent) atau mantan Kades yang dulu pernah memimpin wilayah desanya. Data yang masuk ke Dinas PMD Kabupaten Wonogiri, menyebutkan, ada sebanyak 24 calon yang menyandang gelar S1, berpendidikan D-III ada satu, lulusan SLTP sebanyak 17 calon, dan selebihnya merupakan calon berpendidikan SLA dan sederajat termasuk lulusan Paket C.

Diantara calon ada satu orang mantan anggota DPRD, 9 orang pensiunan termasuk pensiunan Polri, satu orang guru swasta dan dua orang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Jumlah calon terbanyak di Desa Slogohimo, Kecamatan Slogohimo, Wonogiri, yakni sebanyak 5 orang calon. Terdiri atas Mantan Kades Joko Suyanto, berikut tiga calon dari unsur karyawan swasta (Kun Prastowo, Suratno, Dewantoro) dan seorang wiraswasta (Dewantoro).

Pilkades di Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri, diikuti oleh empat orang calon, terdiri atas dua mantan kades, yakni Bogiyono dan Suyanto, bersama Wasino (perangkat desa) dan Slamet Widodo (karyawan swasta). Pilkades di Desa Gondang, Kecamatan Purwantoro, Wonogiri, juga diikuti oleh empat orang calon, terdiri atas Mantan Kades Larto, bersama Sartono (swasta), Heru Setyoraharjo (PNS), dan Sri Kartini (wiraswasta).

Selanjutnya untuk Pilkades di Tegalharjo, Kecamatan Eromoko, Wonogiri, diminati oleh kuartet Mantan Kades Jito Wardoyo Slamet, bersama Sukadi dan Wiyarto (petani), serta Guru Sekolah Swasta Heny Listyaningsih SE, SPd. Pilkades yang diikuti oleh masing-masing tiga orang calon terdapat di Desa Wonoharjo, Kecamatan Wonogiri, di Desa Jatirejo, dan di Desa Pucanganom di Kecamatan Giritontro, di Desa Sedayu, Kecamatan Slogohimo, dan di Desa Songbeldeg di Kecamatan Paranggupito, di Desa Kedungombo dan Desa Boto di Kecamatan Baturetno.

Untuk mempersiapkan Pilkades, Camat bersaja jajaran Forkompincam, tampil memprakarsai rapat termasuk menggelar undian pemilihan nomor urut di masing-masing desa yang akan melakukan Pilkades. Sebagaimana yang terjadi di Pendapa Kecamatan Pracimantoro, Camat Warsito bersama Danramil Kapten (Cba) Budi Waluyo dan dari Polsek, telah menggelar rapat pengundian bersama para panitia Pilkades dari enam desa (Desa Gebangharjo, Trukan, Sambiroto, Jimbar, Banaran dan Suci). Bersamaan rapat tersebut juga ditetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT). ”Pilkades dapat digelar secara bebas, langsung, rahasia, jujur dan adil,” tegas Camat Warsito. Rapat yang sama juga digelar di masing-masing kecamatan yang memiliki desa yang akan melaksanakan Pilkades.(suarabaru.id/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here