Bagikan
Gerak jalan sehat massal digelar di Kecamatan Purwantoro, Wonogiri. Panitia HKN juga membagi-bagikan sejumlah hadiah berbagai lomba, yang diterimakan oleh Kapolsek Iptu Aris Joko Narimo.(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Peringatan HUT Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Ke 47 yang dipadukan dengan peringatan HUT Ke 73 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2018 tingkat Kabupaten Wonogiri, akan digelar Senin (26/11), dan akan ditandai dengan upacara di Alun-alun Giri Krida Bakti Kabupaten Wonogiri. Bupati Wonogiri Joko Sutopo, dijadwalkan akan tampil menjadi inspektur upacara. ”Peringatan HUT Ke 73 PGRI dan HGN Tahun 2018, dipadukan bersama dengan peirngatan HUT Ke 47 Korpri,” tegas Ketua PGRI Kabupaten Wonogiri, Kusman Toha.

Kusman, menyebutkan, peringatan HUT Ke 73 PGRI dan HGN Tahun 2018 secara nasional akan digelar di Bogor Tanggal 1 Desember 2018. Untuk peringatan di tingkat Provinsi Jateng, diagendakan Tanggal 8 Desember 2018. ”Peringatan kali ini digelar sederhana, ditandai dengan ziarah ke makam para tokoh guru dan pengurus PGRI yang telah meninggal mendahului kita,” jelasnya. Bersamaan itu, juga digelar acara seminar pendidikan dan pameran karya ilmiah para guru tingkat Provinsi Jateng di Semarang.

Untuk peringatan di tingkat kecamatan, diserahkan sepenuhnya kepada para pengurus PGRI dan tokoh pendidikan di masing-masing wilayah. Di Kecamatan Jatiroto, Wonogiri, misalnya, dimeriahkan dengan gerak jalan sehat massal yang menyertakan pula para murid. Gerak jalan sehat massal dalam rangka memeriahkan HUT PGRI, HGN dan HUT Korpri, Sabtu (24/11), juga digelar di Kecamatan Jatisrono, dilepas dengan kibasan bendera start oleh Camat Jatisrono, Endriyo Raharjo, didampingi Pelda Suyata mewakili Danramil-14 Kapten (Inf) Subandi, beserta unsur Forkompincam setempat. Kepada para insan pendidik, Camat Endriyo Raharjo, menyerukan, agar rela mendidik para siswa agar kelak mereka menjadi penerus generasi bagi bangsa dan negaranya.

Kegiatan olahraga gerak jalan sehat massal yang sama, juga dilaksanakan di Kecamatan Batuwarno, Kecamatan Purwantoro dan Kecamatan Wuryantoro, dengan melibatkan jajaran Forkompincam bersama para tokoh pendidikan, guru dan murid. Camat Wuryantoro, Purwadi, menyatakan, tujuan diadakan jalan sehat tersebut tidak lain untuk menyehatkan badan, serta membangkitkan kesadaran para guru, dalam meningkatkan disiplin dan etos kerja, untuk penguatan pendidikan karakter bersama anak didiknya.”Ke depan, guru dituntut lebih profesional, semakin disiplin dan punya etos kerja yang baik. Sehingga, amanah dari orang tua siswa untuk mendidik putra-putrinya, dapat dilaksanakan dengan baik, dan menghasilkan kader-kader penerus bangsa yang berjiwa nasional dan berkarakter,” tegas Camat Purwadi.

Di wilayah Kecamatan Purwantoro, gerak jalan sehat massal yang juga dihadiri Forkopimcam Purwantoro, termasuk di dalamnya Danramil-19 Purwantoro Kapten (Kav) Subagyo bersama Kapolsek setempat Iptu Aris Joko Narimo, dipadukan sekaligus dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke 54 Tahun 2018. Peserta gerak jalan ini berjumlah ratusan orang, datang dari para karyawan Puskesmas bersama aparat dari dinas dan instansi terkait tingtkat kecamatan, serta melibatkan pula jajaran Rumah Sakit (RS) Amal Sehat, para kader kesehatan tingkat desa dan kalangan kader Posyandu. Keluar sebagai juara I, II dan III gerak jalan, Desa Bangsri, Kelurahan Purwantoro, dan Desa Kenteng. Kepada para peraih gelar juara diberikan hadiah.(suarabaru.id/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here