Bagikan
Kepala Departemen Perencanaan dan Pengendalian Pemasaran Semen Indonesia Rudi Hartono (Tengah) berfoto bersama para pemenang kompetisi Millennials Berkarya.

Gresik– Lima ratus anak muda usia 20 hingga 30-an berkumpul di Wisma A. Yani Gresik, Jumat (23/11/2018). Mereka menghadiri malam penghargaan bertajuk “Festival Millennials Berkarya” yang diadakan  Semen Indonesia, dalam rangkaian gerakan Millennials Berkarya.

Millenials berkarya  adalah gerakan yang diciptakan Semen Indonesia untuk segmen muda atau millenials, untuk memberikan kontribusi positif bagi lingkungan sekitarnya. Disebut gerakan karena millenial berkarya lebih dari sekedar program atau  rencana tapi itu  juga program yang dapat diterapkan yang dapat menginspirasi orang lain dan dapat berjalan berkesinambungan.

Pgs.Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan Semen Indonesia Sigit Wahono menjadi pembicara pada sesi mini class dalam acara Festival Millenials Berkarya.

Millennials berkarya dimulai tahun 2017, dan berjalan selama 2 tahun. Aktivitas Millennials Berkarya tahun 2017 – 2018 terdiri dari kompetisi proyek infrastruktur sosial, project visit, launching basecamp Millennials Berkarya dan Festival Millennials Berkarya.

Direktur Pemasaran dan Supply Chain Semen Indonesia Adi Munandir mengatakan, tahun 2017, Millennials Berkarya medapat ide dari 50 kelompok millennials untuk membangun proyek infrastruktur sosial, sedangkan di tahun 2018 ini Millennials Berkarya mendapat ide dari 300 kelompok  millennials dari kalangan mahasiswa seluruh Indonesia. Peningkatan antusiasme ini menunjukkan bahwa millennials di Indonesia merupakan generasi potensial harapan bangsa, penuh kreasi dan dapat mengadaptasi perubahan.

Adi Munandir menambahkan, sejumlah ide ini lalu disaring menjadi sepuluh yang terbaik. Selanjutnya, kesepuluh penggagas ide terbaik mengikuti serangkaian acara kompetisi untuk menentukan dua terbaik. Pemenang pertama diraih oleh tim Mascoturism dengan karya konservasi mangrove, produksi garam prisma kekinian dan budidaya kepiting soka di Lamongan Jawa Timur. Serta pemenang ke-2 dimenangkan Tim Muda Berkarya dengan karya rumah belajar untuk kaum disabilitas dan pemuda putus sekolah di Desa Jelutung, Bangka Belitung. Pemenang pertama dan kedua berhak mendapat hadiah masing-masing 75 juta untuk pengembangan proyek.

Lebih lanjut Adi Munandir menjelaskan Semen Indonesia senantiasa dekat dengan masyarakat selaku pelanggan. Salah satunya adalah dengan merangkul generasi muda yang nantinya merupakan para calon pelanggan perusahaan di masa mendatang.  “Kami sadar betul bahwa pada mereka (generasi muda) inilah harapan bangsa, harapan kita semua di masa depan. Peduli pada mereka adalah peduli pada masa depan Indonesia,” ujarnya.

Direktur Pemasaran dan Supply Chain Semen Indonesia Adi Munandir memberikan paparan tentang Program Millennials Berkarya Semen Indonesia, tahun ini Millennials Berkarya mendapat ide dari 300 kelompok millennials dari kalangan mahasiswa seluruh Indonesia

Adi Munandir menjelaskan, melalui program Millennials Berkarya tersebut, Semen Indonesia merangkul generasi muda yang memiliki semangat untuk berkontribusi terhadap lingkungan dan menjadi agen perubahan. Kompetisi ini diikuti oleh anak muda dari berbagai latar belakang profesi, mulai dari mahasiswa, wirausahawan, komunitas sosial, hingga profesional muda.

Pada kegiatan festival millenials berkarya hari ini selain acara awarding, juga digelar kegiatan Talk Show dengan pembicara Kevin Hendrawan (TV Host & Youtuber), Fico Fachriza (Komika) dan Vikra Ijaz (Co-Founder Kitabisa.com) yang akan berbagi pengalaman seputar success story kehidupan mereka serta ada beberapa kegiatan lainnya seperti foodtruck, booth komunitas, Mini class dan penampilan bintang tamu Pusakata.(suarabaru.id/sl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here