Bagikan
Siswa SD/MI di Kota Magelang ketika mengikuti lomba sinopsis yang diselenggarakan Disperpusip setempat, (Suarabaru.id/dok)

 

 

MAGELANG- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Magelang menggelar ‘Lomba Sinopsis’ bagi siswa Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) tingkat Kota Magelang tahun 2018. Lomba ini diikuti 80 siswa kelas V dan VI SD/MI negeri maupun swasta.

‘’Kegiatan ini untuk menumbuhkembangkan kegemaran membaca melalui berbagai bacaan dan media. Tujuannya untuk menanamkan cinta bangsa, persatuan dan kesatuan,’’ kata PLt Kepala Disperpusip Kota Magelang, Triyamto Sutrisno, kemarin.

Dia menerangkan, saat siswa mendaftar sebagai peserta mereka diberi sebuah buku bacaan tentang Ki Hajar Dewantoro.

Buku tersebut kemudian dibawa pulang para peserta untuk dipelajari.

Pada hari H lomba, para peserta akan diberikan waktu selama 120 menit untuk membuat sinopsis dari buku yang telah mereka pelajari sebelumnya. Lomba ini berlangsung di Gedung Kyai Sepanjang lantai 2.

‘’Buku yang kita pilih pada lomba ini sengaja berupa buku kisah pahlawan agar menarik minat baca anak tentang biografi pahlawan nasional. Selain itu, juga meningkatkan rasa kebangsaan dan cinta Tanah Air,’’ ungkapnya.

Dia menerangkan, sebanyak 80 orang peserta lomba dibagi dalam dua tahap. Hari pertama lomba, diikuti 40 peserta, kemudian hari kedua  diikuti 40 peserta.

Penilaian dilakukan oleh tiga orang juri pilihan, yakni Papa Riyadi (Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang), Wicahyanti Rejeki (penulis dan penerbit buku) dan Annisa Andrie (penulis buku),

Hari berikutnya, lanjut Triyamto, Jumat (23/11) pengumuman finalis, sekaligus presentasi dan wawancara para finalis. Para pemenang juara I hingga juara harapan III mendapat hadiah berupa trophy dan uang pembinaan. (Suarabaru.id/dh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here