Bagikan
HEPATITIS : Seluruh anggota Kodim 0721 Blora beserta ASN-nya, menjalani vaksinasi hepatitis untuk pencegahan penularan penyakit virus liver. Foto : Wahono

BLORA – Tentara Kodim 0721 Blora beserta staf aparatur sipil negara (ASN), mendapat suntik vaksin hepatitis (vaksinasi dewasa), yakni upaya pencegahan terjadinya penularan penyakit hepatitis atau virus liver.

Aksi kesehatan digelar di Makodim pada Jumat, 16 November 2018, dilaksanakan dengan menggandeng Denkesyah 04.04.03 salatiga, dan DKT Blora, sekaligus untuk penyuluhan pentuingnya vaksinasi hepatitis untuk orang dewasa.

“Vaksinasi tidak hanya untuk anak-anak, orang dewasa dan tertnatar juga penting sebagai pencegah penularan penyakit,” jelas Dandim Letkol (Inf) R. Syahrazzy Themba melalui Pasiops Kapten (Inf) Munthoyono.

Hadir dalam kegiatan kesehatan TNI dan ASN Kodim, Kepala Instalwatlan Rumkit dr. Asmir Salatiga diwakili Kapten (Ckm) Parlin, Karumkitban 04.08.05 Blora dr. Oktantia Diyah dan para perwira Kodim Blora

Kapten (Inf) Munthoyono menjelaskan, tujuan kegiatan untuk mengetahui penyakit mulai dari tanda-tandanya, dan cara mencegah penyakit hepatitis.

Siapapun pasti punya tujuan hidup sehat, caranya antara lain dengan mendapat pesan-pesan (penyuluhan) kesehatan, sehingga anggota Kodim dan ASN-nya sadar akan pentingnya arti kesehatan hidup.

Program TNI-AD

Dalam kesempatan itu, dr. Oktantia Diyah membeber mengenai penyakit, mulai dari tanda-tanda pengidap serta cara mencegah dari bahaya penyakit hepatitis.

Tidak hanya memberikan penyuluhan, para dokter yang hadir juga melaksanakan vaksinasi hepatitis, agar tentara (TNI) dan ASN Kodim 0721/Blora sehat, dan terhindar dari virus liver.

Menurut dr. Diyah, hepatitis A atau B bisa menyebabkan kondisi akut dan kronis pada pasien. Jika sudah memasuki level kronis, penyakit ini bisa membahayakan nyawa penderitanya.

Jika tidak segera ditangani, penderita hepatitis kronis berisiko terkena sirosis, kanker hati, atau gagal hati, paparnya.

“Pemberian vaksin hepatitis, adalah program kesehatan Angkatan Darat (AD), tujuannya agar para prajurit TNI-AD terhindar dari penyakit hepatitis, ” katanya

Tujuan lain, tidak hanya untuk diri TNI an ASN saja, karena dari penyuluhan ini, anggota bisa membantu memberi pengertian atau penjelasan kepada keluarga, saudara, kerabat dan masyarakat.(suarabaru.id/wahono)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here