blank
Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito memberi sambutan pada pembentukan forum CSR, Suarabaru.id/dok)
MAGELANG- Pemkot Magelang bekerjasama dengan dunia usaha membentuk forum tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan (FTJSLP)/corporate social responsibility (CSR). Dibentuknya forum yang pertama kali ada di Kota Magelang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

‘’Pemkot Magelang memiliki anggaran untuk pelayanan masyarakat, tetapi terbatas. Kalau ada forum CSR/FTJSLP diharapkan pengusaha bisa berpartisipasi. Dana CSR dari mereka bisa dipakai untuk kepentingan masyarakat seperti lingkungan, pendidikan, kesehatan dan lainnya,’’ kata Kepala Dinas Sosial Kota Magelang, Hardi Siswantono, pada gala diner pembentukan Forum CSR Kota Magelang  di Hotel Atria, Selasa (13/11) malam.

Hardi menerangkan, adanya forum ini juga merupakan wujud sinergitas antara Pemkot Magelang, masyarakat, dunia usaha dan perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan pelayanan masyarakat melalui peran serta dunia usaha.

‘’Forum CSR/FTJSLP sebagai wahana silaturahmi pemangku kebijakan dan dunia usaha dalam rangka mewujudkan CSR bagi lingkungan sosial masyarakat,’’ tuturnya.

Hardi menyebutkan, pihaknya menggandeng sebanyak 96 pelaku usaha di Kota Magelang untuk bergabung dengan forum ini.

‘’Selama ini perusahaan-perusahaan di Kota Magelang menyalurkan CSR secara sendiri-sendiri. Dengan adanya forum ini diharapkan nanti penyaluran CSR nanti bisa terpusat dan terfasilitasi,’’ terangnya.

Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito, mengatakan, pembentukan forum CSR baru pertama kali ini dilaksanakan di Kota Magelang.

‘’Acara seperti ini saya kira baru pertama kali diadakan, dan  saya harapkan jangan terlalu formal,’’ ungkapnya.

Sigit menyampaikan ucara terima kasihnya kepada para pelaku usaha di Kota Magelang atas dukungan dan partisipasi mereka dalam membangun Kota Magelang.

‘’Untuk CSR kita sesuaikan di Magelang, yang penting antara pemerintah daerah dan swasta merasa nyaman dan saya harapkan ini tidak menjadi beban,’’ pinta Sigit. (Suarabaru.id/dh)