blank
Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito menyerahkan tropi juara berbagai lomba, (Suarabaru.id/dh)

 

 

MAGELANG- Wali Kota Sigit Widyonindito mengajak insan kesehatan dan warga masyarakat untuk menggunakan momentum peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-54 Tahun 2018 untuk meningkatkan derajat kesehatan.

Dia meminta itu saat memimpin apel pagi yang dikaitkan dengan peringatan HKN dengan tema “Aku Cinta Sehat” di halaman belakang Setda Kota Magelang, Senin (12/11).

‘’Mari gunakan momentum ini sebagai kesempatan memacu diri dalam meningkatkan layanan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,’’ pintanya.

Pada apel tersebut, Sigit juga membacakan sambutan Menteri Kesehatan, Nila Farid Moeloek.

‘’Peringatan HKN Ke 54 ini sebagai momentum yang baik untuk mengingatkan kita bahwa, derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud apabila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan dengan memprioritaskan promotive preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitative,’’ ujar Nila.

Dia menerangkan, mengubah pola hidup ke arah promotive preventif dengan menekankan pada perilaku hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup sehat.

‘’Meningkatkan kesadaran masyarakat berperilaku hidup sehat melalui gerakan masyarakat hidup sehat (germas) telah diprakarsai oleh Presiden RI menjadi suatu gerakan nasional yang tertuang dalam Inpres Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat,’’ ungkapnya.katanya.

Nila menjelaskan, selain banyaknya program kesehatan yang dilaksanakan oleh pemerintah, masih ada tantangan permasalahan yang harus dihadapi.

‘’Di antaranya masih tingginya angka kematian ibu, tingginya angka kurang gizi, penyakit menular dan tidak menular. Ini harus segera diselesaikan jika kita ingin meningkatkan kualitas hidup saat ini dan masa yang akan datang,’’ terangnya.

Khusus Puskesmas, Nila mengingatkan agar para kepala dinas dan kepala Puskesmas mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki dalam rangka menyelesaikan permasalahan kesehatan di daerah masing-masing.

‘’Puskesmas dan tenaga kesehatan di dalamnya harus mengambil peran mencerdaskan masyarakat untuk hidup sehat dengan secara aktif dan terus menerus melakukan upaya promosi perilaku hidup bersih dan sehat,’’ tuturnya.

Menurutnya, saat ini alokasi anggaran untuk bidang kesehatan yang disiapkan pemerintah cukup besar, sehingga besar juga harapan agar permasalahan kesehatan tersebut dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya.

Pada peringatan HKN ke-54 di Kota Magelang, wali kota menyerahkan sejumlah penghargaan kepada para pemenang lomba.

Di antaranya penyerahan piala lomba karnaval pembangunan daerah, kejuaraan tenaga kesehatan teladan, penyerahan sertifikat ODF/Stop Buang Air Besar Sembarangan. (Suarabaru.id/dh)