Bagikan
Menyambut peringatan HKN Ke 53 Tahun 2018, digelar serangkaian acara untuk memeriahkannya. Di Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri, misalnya, dilakukan penyerahan bantuan PMT perbaikan gizi balita dan donor darah massal.(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Serangkaian acara digelar dalam rangka menyambut peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke 53 Tahun 2018 di sejumlah tempat di Kabupaten Wonogiri. Yakni gerak jalan sehat massal, pemberian pelayanan pememeriksaan kesehatan dan pengobatan massal gratis, donor darah massal serta Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk balita. Itu digelar di empat wilayah kecamatan di Kabupaten Wonogiri, yakni di Kecamatan Bulukerto, Puhpelem, Purwantoro dan Kecamatan Pracimantoro.

Mneurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kabupaten Wonogiri, dokter Adhi Dharma, upacara puncak peringatan HKN Tahun 2018 tingkat Kabupaten Wonogiri, akan digelar Senin pagi (12/11) di Lapangan Desa Waru, Kecamatan Slogohimo (40 Kilometer arah timur Kota Wonogiri). Bersamaan itu, juga akan digelar pelayanan pemeriksaan dan pengobatan massal gratis, serta pelayanan pemeriksaan laborat secara cuma-cuma kepada warga yang memerlukannya.

Terkait peringatan itu, sebelumnya keluarga besar DKK Kabupaten Wonogiri, mengawali penyambutan peringatan HKN ini dengan menggelar kerja bakti massal resik-resik Pasar Wonogiri Kota dan sekitarnya. Juga mengadakan penyuluhan tentang pentingnya membudayakan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), serta penanggulangan kemunculan penyakit demam berdarah dengue (DBD) berkaitan dengan mulai datangnya musim penghujan. Yakni dengan menyerukan kepada warga masyarakat untuk melakukan gerakan serentak pemberantasan sarang nyamuk melalui pola 3-M yakni Menguras secara berkala dan Menutup tandon air, serta Mengubur barang-barang bekas yang berptensi menjadi sarang nyamuk. Melalui cara ini, dinilai efektif dalam membunuh jentik-jentik nyamuk dalam upaya penanggulangan penyakit DBD.

Menyambut HKN Ke 53 Tahun 2018, Forkopincam Kecamatan Bulukerto Kabupaten Wonogiri beserta instansi terkait dan warga masyarakat, melaksanakan jalan sehat massal berjarak kurang lebih sejauh 2.5 Km, dengan mengambil start dan finish di depan Puskesmas Bulukerto. Turut hadir Camat Bulukerto, Bahari, Danramil-21 Bulukerto Kapten (Inf) Tono,  Kepala Puskesmas setempat, Sarno, Perwakilan Diknas Kecamatan Bulukerto, Partoyo, Iibu-ibu kader penggerak Posyandu se Kec Bulukerto, para pegawai Puskesmas dan instansi kesehatan se Kecamatan Bulukerto beserta warga masyarakat.

Olahraga gerak jalan sehat secara massal dalam peringatan HKN, juga dilaksanakan di Kecamatan Puhpelem, Kabupaten Wonogiri, dengan mengambil start dan finish depan Balai Desa Nguneng. Di Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, dilakukan acara launching Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dalam upaya Pemulihan Gizi Buruk Balita (PGBB). Acara ini dilaksanakan di Pendapa Kecamatan Pracimantoro. Dihadiri Danramil-13 Pracimantoro, Kapten (Cba) Budi Waluyo, Camat Pracimantoro, Warsito, bersama Forompincam dan para pejajat, Kades dan Lurah, serta pengurus Posyandu.

Bertempat di Abhinaya Meeting Room Azana Green Resort di Dusun Bendungan, Desa Lebak, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, dilaksanakan kegiatan donor darah massal. Kegiatan kemanusiaan ini, dilakukan bekerjasama dengan PMI, dengan tema donation untuk negeri. Hadir dalam acara ini, Kepala UPTD Puskesmas Pracimantoro I, dokter Dwi Cahyo Indrianto, Kepala UPTD Puskesmas Pracimantoro II, dokter Setyowati Prawirohardjo, jajaran Koramil-13 Pracimantoro, Kepala PMI Kabupaten Wonogiri, dokter Dwi Handoyo beserta para tokoh masyarakat dan massa pendonor. Hasilnya, terkumpul darah golongan O sebanyak 45 kantung, golongan A sebanyak 20 kantung, golongan B sebanyak 32 kantung, dan golongan darah AB sebanyak 5 kantung. Di Pendapa Kecamatan Pracimantoro, digelar acara penyerahan bantuan PMT untuk balita dalam upaya perbaikan gizi.

Di Balai Desa Sendang, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, dilaksanakan pelayanan pengobatan gratis dalam rangka HKN Ke 54 Tahun 2018. Kegiatan ini, dihadiri Camat Purwantoro, Joko Susilo, Danramil-19 Purwantoro Kapten (Kav) Subagyo beserta jajaran Forkompincam, Kepala UPTD Puskesmas, Kades Desa Sendang, Slamet Widodo, beserta pamong desa dan tokoh masyarakat.(suarabaru.id/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here