Bagikan
Putu Gede Juni Antara/dok

SINGAPURA – Timnas Indonesia tak memiliki banyak waktu untuk bersantai di Singapura. Sebab, pasukan Garuda akan melakoni laga perdana penyisihan Grup B Piala AFF 2018 lawan tuan rumah Singapura, Jumat (9/11). Karena itu, setiba di Kota Singa Selasa malam, esoknya Hansamu Yama dan kawan-kawan langsung berlatih. Para pemain bertekad meraih hasil gemilang saat bertemu The Lions. Jika menang, ini akan menjadi modal positif bagi Merah Putih untuk menatap partai selanjutnya.

“Saat ini kami telah tiba di Singapura. Saya dan seluruh pemain dalam kondisi bagus. Kami datang ke sini untuk meraih kemenangan,” kata Putu Gede Juni Antara, bek sayap timnas. Format Piala AFF tahun ini berbeda dari edisi serupa sebelumnya. Jika tahun-tahun lalu memakai sistem home tournament dengan dua negara (Grup A dan Grup B) sebagai tuan rumah, kali ini memakai home and away. Pada Grup B, Indonesia akan bersaing dengan Singapura, Thailand, Filipina, dan Timor Leste. Regulasinya, Indonesia hanya bakal bermain kandang dua kali dan tandang dua kali. Untuk partai tandang, pasukan Garuda harus bertemu Singapura dan Thailand. Partai kandang juga dua kali, masing-masing lawan Filipina dan Timor Leste. Pasukan Garuda harus meraih poin sebanyak-banyaknya jika ingin lolos dari fase grup.

Pelatih Indonesia Bima Sakti membawa 23 pemain ke Singapura. Saat ini kondisi pemain fit. Bima berharap anak-anak asuhannya mampu memberikan yang terbaik saat bertemu skuad besutan Fandi Ahmad. Dia sudah mengenal karakter calon lawan. Pasalnya, kedua tim sebelumnya pernah melakukan uji coba pada Maret 2018. Hasilnya, timnas Indonesia menang tiga gol tanpa balas. Meski tim yang diturunkan U-23, mayoritas pemain U-23 lah yang menghiasi timnas saat ini. Hasil tersebut diharapkan mampu mengangkat mental Hansamu Yama dan kolega. “Kami sudah lihat cara main mereka, dan karakter pelatih bisa menjadi gambaran timnya akan seperti apa,” jelas Bima. (rr)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here